Wujudkan Semua Mimpi

Usai Pandemi, Ini 7+ Tren Bisnis yang Populer Saat Ini

Tren Bisnis

Sama seperti sektor lainnya, sektor perdagangan atau bisnis pun akan terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Pandemi yang menyerang dunia beberapa waktu lalu memaksa para pebisnis untuk ikut berubah mengikuti perkembangan keadaan. Tren bisnis pun dipaksa untuk berubah.

Pandemi mengharuskan masyarakat untuk lebih banyak di rumah. Pemerintah pun memberikan aturan ketat untuk membatasi mobilitas masyarakat. Hal ini mau tidak menghasilkan perubahan yang sangat signifikan, termasuk beberapa bisnis yang sedang trend di Indonesia berikut ini.

Tren Bisnis pada Era Normal Pasca Pandemi

Pandemi sempat memberikan dampak yang kurang baik bagi perekonomian negara. Banyak pebisnis yang gulung tikar akibat pandemi. Namun, bukan berarti tak ada peluang bisnis sama sekali. Ada beberapa bisnis yang justru berkembang dan menjadi tren. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Bisnis E-Niaga Berkembang Pesat

E-niaga adalah nama lain dari e-commerce. Bisnis e-niaga mengacu pada model bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi. Mereka cukup memanfaatkan internet.

Karena pandemi menyebabkan terbatasnya aktivitas fisik, e-niaga pun menjadi tren bisnis yang berkembang sangat pesat. Banyak pebisnis yang mengembangkan bisnisnya melalui e-commerce. Mereka membuka lapak-lapak di marketplace secara online.

Dulu, produk barang yang banyak dijual secara online adalah pakaian. Namun, saat ini, semua produk bisa dijajakan secara online, termasuk makanan.

Saat ini, untuk memfasilitasi perkembangan e-commerce yang semakin pesat, penyedia jasa ekspedisi pengiriman pun ikut berkembang pesat. 

Ekspedisi pengirimanlah yang menjembatani jarak antara penjual dan pembeli. Produk makanan yang tidak tahan lama pun bisa dikirim dengan cepat menggunakan ekspedisi khusus.

2. Food Truck jadi Evolusi Kaki Lima

Meskipun ada beberapa produk makanan yang bisa dijual secara online, produk makanan basah tetap tidak bisa dikirim melalui ekspedisi. Oleh karena itu, rumah makan atau warung kaki lima akan tetap ada.

Nah, sekarang ini ada evolusi yang lebih menarik dari warung kaki lima, yakni food truck. Dengan memanfaatkan truck, pebisnis bisa menampilkan kesan lebih higienis dan mewah pada makanan mereka. Tren bisnis ini pun makin populer di era ini.

Tak hanya itu, pandemi memaksa orang-orang untuk peduli dengan kebersihan dan kesehatan. Food truck memberikan kesan yang lebih bersih dan sehat daripada kaki lima biasa. Ini menjadi alasan lain bisnis ini sangat populer era ini.

3. Sustainable Business Lebih Menarik Perhatian

Selain kesehatan, tren bisnis yang mempedulikan lingkungan juga lebih banyak digemari oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama, isu lingkungan masih menjadi topik hangat dalam masyarakat. Semakin hari, orang-orang yang peduli dengan lingkungan akan semakin bertambah. Bisnis dengan campaign ramah lingkungan atau sustainable akan selalu memiliki nilai lebih di masyarakat.

Jika ingin bisnis Anda berkembang, Anda bisa mencoba menerapkan konsep sustainable pada bisnis Anda. Dengan begitu, Anda punya nilai lebih dibandingkan dengan produk serupa lainnya.

4. Sistem Pembayaran Non Tunai Semakin Digemari

Salah satu upgrade penting yang perlu Anda aplikasikan pada bisnis Anda agar mengikuti tren adalah sistem pembayaran. 

Di kota-kota besar, tidak banyak orang yang membawa uang cash dalam jumlah besar. Jika berbelanja, orang-orang tersebut lebih memilih pembayaran nontunai. Oleh karena itu, Anda pun perlu memfasilitasinya.

Tak hanya melalui kartu debit atau kredit, kini sistem pembayaran non tunai semakin banyak. Orang-orang bisa melakukan transaksi digital melalui dompet digital. Transaksi seperti ini lebih disukai karena cepat dan praktis.

5. Teknik Pemasaran dengan Video Lebih Efektif

Tren terkini Indonesia di bidang bisnis adalah pemasaran melalui video. Sebelum pandemi, tren ini memang sudah ada. Pebisnis pun sudah sangat paham bahwa pemasaran melalui video memang lebih efektif.

Namun, karena pengguna sosial media belakangan ini naik drastis, terutama TikTok, Anda perlu mengikuti tren untuk memasarkan bisnis melalui platform tersebut. Manfaatkan juga Google Trends untuk mencari topik-topik populer sebagai bahan untuk membuat konten video.

6. Bekerja secara Remote/Hybrid

Tak hanya mengubah jenis usaha, cara orang menjalankan usaha pun turut berubah karena pandemi. Dulu, sangat jarang pekerja atau karyawan yang bekerja dari rumah. Namun, setelah pandemi, ada lebih banyak orang yang bekerja dari rumah. 

Meskipun pandemi telah usai, tren pebisnis yang menjalankan bisnis secara hybrid atau remote dengan mengandalkan pekerja yang bekerja dari rumah diprediksi akan tetap ada.

7. Bimbel atau Kursus Online Menjamur

Bimbel atau kursus online bukanlah barang yang lagi trend sekarang, melainkan jasa yang sangat berkembang pesat pada era pandemi. Kursus tidak menjual barang, tetapi jasa.

Sebelum pandemi, pembelajaran secara online mungkin masih sangat asing, tetapi kini sudah tidak lagi. Hal ini memberikan peluang bisnis tersendiri. Bimbel dan kursus online pun mulai menjamur.  

Penutup

Sebuah tren memang akan selalu berkembang mengikuti zaman. Lalu, apakah usaha rumahan yang lagi trend bisa juga dipasarkan melalui online. Jawabannya tentu saja bisa. Anda bisa mempromosikan barang/jasa dengan lebih mudah melalui internet.

Pemaparan tentang tren bisnis era ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Jangan lewatkan juga tips berbisnis lain yang disajikan oleh mufdana.