Jenis Usaha dari Pinjaman Modal Usaha Jaminan Motor

Pinjaman Modal Usaha

Ada berbagai alasan mengapa orang memilih menjadi seorang pengusaha, salah satunya adalah untuk memperoleh penghasilan yang tidak terbatas. Namun, tentunya Anda akan membutuhkan modal awal yang salah satunya bisa Anda peroleh dari pinjaman modal usaha.

Dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui beberapa jenis usaha yang dapat Anda mulai berdasarkan jumlah pinjaman yang Anda peroleh dengan mengajukan pinjaman jaminan BPKB sepeda motor di Dananow. Anda dapat mengetahui estimasi dana yang Anda peroleh dengan mengakses fasilitas simulasi pinjaman jaminan BPKB.

Modal Kurang Dari Rp 5.000.000

Anda akan memperoleh pinjaman modal usaha kecil dari Dananow untuk dana di bawah Rp 5.000.000 jika kendaraan jaminannya merupakan sepeda motor yang memiliki umur 8 tahun. 

Namun, ada juga beberapa motor yang dapat memberikan dana lebih dari Rp 5.000.000 dengan umur tersebut. Honda Beat FI CBS misal, memiliki dana maksimum sebesar Rp 5.530.000.

Walaupun dengan pinjaman untuk modal usaha awal di bawah Rp 5.000.000, Anda masih dapat membuka berbagai jenis usaha. Beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Usaha Kecil Kuliner atau Minuman

Jenis usaha ini bisa dikatakan sebagai jenis usaha yang paling murah dan mudah setelah memperoleh pinjaman modal usaha UMKM. Apalagi jika Anda sudah memiliki peralatan masaknya. 

Untuk memulai usaha ini, Anda membutuhkan modal berupa bahan baku yang bisa Anda beli di pasar tradisional atau pasar swalayan. Harga keperluan bahan baku bisa beragam, bergantung pada resep masakan atau minuman yang ingin Anda jual.

Keperluan lainnya yang dibutuhkan biasanya berupa kemasan dari produk Anda. Kemasan ini dapat berupa box kertas atau botol plastik jika produk tersebut berupa minuman. Selain itu, jika Anda berjualan secara offline, Anda akan membutuhkan stand seperti meja atau spanduk untuk pemasaran.

Menjual Pakaian Online

Ini juga salah satu usaha yang bisa Anda lakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Jika Anda berjualan pakaian secara online, Anda tidak memerlukan biaya yang besar untuk keperluan display. Ini karena Anda hanya akan membutuhkannya untuk pengambilan gambar sampel baju saja.

Penjualan pakaian ini bisa Anda lakukan baik sebagai dropshipper atau reseller. Jika sebagai reseller, Anda perlu mencari supplier yang dapat memberikan harga semurah mungkin. Dengan demikian, Anda dapat memuat lebih banyak produk di etalase.

Modal Antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000

Pinjaman untuk modal usaha dengan kisaran harga ini bisa Anda peroleh dari Dananow dengan jaminan sepeda motor yang usianya lebih muda dari 8 tahun. Dalam modal kisaran ini, Anda dapat memulai usaha yang membutuhkan berbagai peralatan mahal. Beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Usaha Laundry

Usaha laundry cocok Anda lakukan jika berdomisili di daerah yang tingkat kesibukannya tinggi, seperti wilayah kampus atau perkantoran. Meski demikian, Anda juga dapat memulai bisnis ini walaupun berdomisili di area kompleks. Terutama jika penduduk sekitar memiliki tingkat kesibukan yang juga tinggi.

Hal pertama yang Anda perlukan tentunya adalah mesin cuci jenis front loading, yang bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000. Selain itu, Anda juga membutuhkan peralatan lain seperti setrika serta berbagai furnitur lain sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Usaha Fotocopy

Seperti halnya usaha laundry, usaha fotokopi cocok terutama di wilayah kampus dimana mahasiswa membutuhkan jasa fotokopi untuk keperluan kuliah mereka. Namun, modal untuk usaha ini bisa lebih tinggi dari usaha laundry, karena harga mesinnya yang paling murah seharga Rp 5.000.000.

Dengan membeli mesin fotokopi yang berharga murah, Anda dapat menambahkan perlengkapan pendukung, seperti penjilidan. Anda juga masih bisa menambahkan fasilitas seperti komputer yang bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp 4.000.000 untuk spek yang minim.

Modal Antara Rp 15.000.000 – Rp 20.000.000

Anda dapat memperoleh dana lebih dari Rp 15.000.000 dengan jaminan sepeda motor seperti Yamaha NMAX atau Honda PCX jika mengajukan pinjaman dana dari Dananow. 

Dengan pinjaman buat modal usaha dalam rentang ini, Anda sudah bisa memulai usaha yang membutuhkan pegawai. Sebagai contoh, Anda bisa membuka bengkel motor dengan menyewa sejumlah karyawan. Namun, Anda juga harus memilih lokasi usaha yang strategis untuk menjangkau potensi pelanggan yang lebih besar.

Tentunya tidak hanya bengkel motor saja. Ini juga berlaku untuk beberapa usaha yang telah disebutkan sebelumnya seperti usaha kuliner, yang juga memungkinkan Anda untuk menyewa tempat dan karyawan. Dengan demikian, Anda akan memperoleh lebih banyak pelanggan yang menikmati makanan Anda.

Penutup

Dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke Dananow, Anda dapat memulai beberapa usaha yang membutuhkan modal di bawah Rp 20.000.000. Jenis usaha tersebut dapat bermacam-macam, mulai dari usaha pakaian online hingga usaha lain yang membutuhkan biaya karyawan dan tempat sewa.

Dananow melayani pembiayaan yang dapat membantu Anda dalam memulai usaha yang ingin Anda lakukan. Dapatkan informasi selengkapnya di situs resmi Dananow dari Mandiri Utama Finance dan lakukan simulasi untuk mendapatkan estimasi pencairan dana cepat jaminan BPKB motor.