7 Tips Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Tips Semangat Kerja

Survei American Psychological Association (APA) menunjukkan, banyak orang sulit kembali bekerja setelah masa liburan. Dari 1,512 partisipan, 24%-nya mengatakan efek liburan langsung hilang ketika kembali bekerja. Jika mengalami hal yang sama, Anda butuh tips semangat kerja agar dapat kembali menapaki realita kehidupan. 

Masa liburan tentu menyenangkan. Anda tidak perlu terbebani dengan berbagai tugas dan pekerjaan. Sementara, pekerjaan adalah tanggung jawab yang harus Anda kerjakan ketika libur usai. Karena teringat kesenangan saat liburan, Anda sulit move on

Untuk itu, kami suguhkan tips semangat kerja setelah libur panjang berikut ini.

Mulai Hari dengan Menyelesaikan Sesuatu yang Baik

Perasaan Anda saat memulai hari memiliki pengaruh terhadap bagaimana perasaan Anda seharian di tempat kerja. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengawali hari dengan mood yang baik akan lebih produktif dan bekerja lebih baik sepanjang hari.

Lalu bagaimana cara Anda membangun kembali perasaan Anda agar merasa baik di pagi hari? Tips semangat kerja di pagi hari adalah melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa senang. Anda dapat memulai membuat small win ‘kemenangan kecil’. Misalnya merapikan tempat tidur, menyapu halaman, atau merapikan tempat kerja. 

Buat Sedikit Mungkin Keputusan

Salah satu yang mungkin menyebabkan Anda kurang semangat bekerja adalah banyaknya keputusan harus diambil. Anda mungkin menemukan bahwa ada banyak to-do list yang sudah menunggu. 

Ini bisa membuat Anda mengalami decision fatigue alias pusing harus berpikir untuk memutuskan mana yang Anda kerjakan terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat sesedikit mungkin keputusan dalam satu hari. Anda bisa memulainya dengan keputusan-keputusan kecil seperti dalam hal baju. Beberapa tokoh publik seperti Barack Obama dan Mark Zuckerberg menggunakan baju yang sama untuk menghindari decision fatigue.

Bantu Teman dalam Pekerjaan

Membantu teman dalam pekerjaan juga merupakan tips yang dapat membuat Anda semangat kerja. Sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang membantu orang lain akan merasa lebih bahagia. Dengan perasaan bahagia tersebut, tentu dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam bekerja.

Untuk memberi bantuan ke teman Anda, tidak harus yang berat dan memakan banyak waktu serta tenaga. Hal-hal kecil seperti membawakan teman Anda segelas kopi atau menawarkannya titipan ketika Anda membeli sesuatu di luar, sudah termasuk membantu. 

Buatlah Progress dan Akuilah

Cara mengembalikan semangat kerja yang hilang dapat Anda lakukan dengan mengakui progres yang telah Anda buat. Sekecil apa pun progres tersebut, Anda harus menyadari bahwa Anda lah yang membuatnya. Hal ini oleh Francesca Gino, seorang profesor di Harvard Business School disebut completion bias.

Completion bias adalah bias atau ilusi yang membuat Anda fokus terhadap tugas atau kegiatan kecil yang dapat terselesaikan. Karena otak kita merasa senang ketika melihat adanya sesuatu yang sudah selesai. Jadi ketika Anda mengerjakan proyek yang besar, Anda dapat memecahnya menjadi pekerjaan yang lebih kecil.

Tersenyum Bisa Membuat Anda Bahagia

Pada umumnya seseorang mengawali pagi hari dengan penuh semangat. Namun, ketika siang hari terjadi masalah di tempat kerja, atau saat merasa lelah, bisa jadi ia kehilangan semangat kerja. Untuk itu, tips untuk tetap semangat kerja di siang hari atau kapan pun adalah dengan senyum. 

Hal sesederhana tersenyum, meski suasana hati Anda tidak senang, ternyata dapat membuat Anda kembali bersemangat dalam bekerja. Psikolog menyebut ini sebagai facial efference  yaitu melakukan senyum meski tidak sedang dalam keadaan senang dapat membuat Anda merasa lebih baik. 

Ingat Tujuan Besar atau Goal Anda

Hari Senin banyak menjadi momok bagi banyak kalangan pekerja. Tips semangat kerja di hari Senin adalah dengan mengingat tujuan besar atau goal Anda dalam bekerja. Apa tujuan awal Anda memilih pekerjaan ini dan ke mana Anda menuju? Pertanyaan ini dapat membantu Anda mengingat kembali semangat Anda.

Mungkin Anda ingin mendapat pengalaman kerja, melatih diri, atau ingin mengambil pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang yang Anda geluti. Tujuan besar ini sangat  personal untuk Anda. Ini adalah inti yang menggerakkan motivasi Anda dalam memilih pekerjaan Anda.

Buat Jurnal Tentang Hal Baik

Menurut beberapa penelitian, otak kita lebih mudah mengingat hal-hal buruk daripada hal baik yang terjadi dalam hidup. Dari sudut pandang evolusi, nenek moyang kita lebih mendapat keuntungan dalam mengingat hal buruk, seperti ketika hewan buas memangsa manusia. Dengan mengingat, mereka bisa waspada.

Tendensi mengingat hal buruk tersebut menurun secara genetik. Namun ada kalanya kejadian negatif berpengaruh dalam menghilangkan semangat Anda dalam bekerja. Untuk mengurangi kebiasaan tersebut, Anda dapat menulis jurnal tentang hal baik atau positif yang Anda alami. Ini membantu Anda semangat bekerja. 

Kesimpulan

Itulah ke-7 tips semangat kerja yang dapat Anda terapkan, dengan harapan bisa membantu Anda mengembalikan semangat yang mungkin sempat padam. Untuk memulai hal baik mungkin mudah, namun untuk konsisten melakukannya butuh usaha lebih. Maka Anda harus bersabar dan terus memotivasi diri agar tetap semangat dan konsisten.