7 Tips Fokus Kerja Berdasarkan Bukti Sains Ilmiah

Tips Fokus Kerja

Sejak terjadinya pandemi, di mana banyak perusahaan memberlakukan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah, pekerja harus dapat beradaptasi. Hal ini dikarenakan lingkungan bekerja di kantor dan rumah sangat berbeda. Sehingga Anda membutuhkan tips fokus kerja agar dapat menyelesaikan pekerjaan.

Meski demikian, tips berikut juga dapat membantu Anda yang bekerja di kantor, namun ingin meningkatkan kualitas fokus Anda dalam bekerja. Pasalnya, kemampuan kita berkonsentrasi sangat berpengaruh terhadap produktifitas dalam bekerja. 

7 Tips agar Fokus dalam Bekerja

Mulai dari aktivitas yang harus Anda lakukan hingga yang harus Anda hindari, kami rangkum dalam daftar di bawah ini. Berikut adalah tips untuk fokus kerja yang dapat Anda coba. 

Istirahat atau Tidur yang Cukup dan Teratur

Pernahkah Anda merasa bersalah ketika istirahat? Anda beranggapan bahwa beristirahat menunjukkan suatu kemalasan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda mengalami sleep loss ‘kurang tidur’, hal tersebut justru menyebabkan Anda kesulitan menjaga fokus dan perhatian. 

Jadi, sebagai tips fokus kerja pertama, sebaiknya alokasikan cukup waktu untuk istirahat atau tidur. Dan yang lebih penting lagi, gunakan alokasi waktu tersebut memang untuk istirahat, jangan melakukan aktivitas lain, seperti bermain HP. Karena meski menyenangkan, namun hal seremeh bermain HP tetap menyebabkan otak Anda bekerja. 

Fokus pada Satu Hal dalam Satu Waktu, Jangan Multitasking

Ada masa di mana kemampuan multitasking menjadi kemampuan yang dianggap superior dan hebat. Multitasking adalah melakukan beberapa pekerjaan atau aktivitas dalam satu waktu, seperti mengetik, melakukan panggilan telepon dan membaca email bersamaan.

Namun, tahukah Anda riset menemukan bahwa orang yang multitasking justru kesulitan dalam memperhatikan, mengingat informasi, atau beralih ke pekerjaan lainnya. Jadi, agar Anda tidak mengalami hal tersebut, tips penting berikutnya adalah fokus kerja untuk Anda menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu. 

Membuat Small Win, Menyelesaikan Satu Hal untuk Mengawali Hari

Dalam memoir-nya, The Double Helix (1968), pemenang nobel bernama James Watson dan Francis Crick menyatakan sebuah kesimpulan yang menarik. Dari semua hal yang dapat meningkatkan semangat kerja, yang terpenting adalah membuat progres yang bermakna, meskipun sangat kecil.

Progres kecil namun bermakna, yang populer disebut small win ‘kemenangan kecil’, menjadi tips yang membantu Anda fokus dalam kerja. Kemenangan di sini berarti menyelesaikan satu pekerjaan yang mudah hingga selesai. Misalnya seperti mencuci piring atau merapikan tempat tidur, sehingga Anda merasa membuat progress

Minum Air Putih yang Cukup

Menghidrasi tubuh dengan minum air putih merupakan tips penting sebagai cara membuat pikiran tenang dan fokus kerja. Intervensi air bersifat krusial karena sebagian besar tubuh kita merupakan air. Otak kita sendiri yang merupakan pusat yang berperan dalam instruksi tubuh kita, 73%-nya terbentuk oleh air. 

Tidak heran jika air sangat berpengaruh terhadap kinerja manusia. Ketika tubuh Anda kekurangan air, peran kognitif Anda akan menurun, sehingga ini berpengaruh terhadap fokus Anda dalam bekerja. Selain itu, intervensi air juga dapat membantu Anda lebih segar kembali.

Melakukan Olahraga Sederhana

Keuntungan dari olahraga bukan hanya sekadar meninggkatkan kesehatan secara fisik. Olahraga sederhana seperti berjalan cepat juga dapat membantu Anda dalam menjaga fokus ketika bekerja. Aktivitas yang mudah tersebut dapat Anda lakukan juga di saat istirahat sejenak dari pekerjaan.

Anda tidak perlu mengambil banyak waktu untuk berolahraga jika ingin menggunakannya untuk meningkatkan fokus. Berdasarkan sistematik review dalam jurnal Translational Sports Medicine, dua menit olahraga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kemampuan fokus dan mengingat.

Letakkan Sesedikit Mungkin Barang di Meja Kerja

Banyak yang suka menghiasi meja kerja dengan berbagai hal yang menarik agar terlihat cantik. Tidak ada masalah dengan hal yang demikian. Namun, jika Anda termasuk orang yang mudah terganggu konsentrasinya, usahakan meletakkan sesedikit mungkin barang di meja kerja Anda sebagai tips penting untuk tetap fokus kerja. 

Pasalnya, benda-benda kecil seperti foto teman atau jam kerja hadiah dari mantan mungkin dapat mengganggu pikiran Anda saat bekerja. Misalnya Anda sedang fokus mengerjakan tulisan, kemudian melihat jam dan teringat berbagai kenangan bersama mantan. Sehingga Anda kehilangan fokus dalam bekerja. 

Memisahkan Ruang Bekerja dengan Ruang Istirahat

Bagi Anda yang memiliki tempat atau ruang kerja yang tidak menjadi satu dengan rumah atau tempat istirahat, mungkin tidak masalah. Namun, bagi Anda yang bekerja dari rumah (WFH), sebaiknya memisahkan antara ruang kerja dan ruang lainnya, termasuk ruang istirahat. 

Pasalnya, secara psikologis pikiran Anda sedikit banyak mendapat pengaruh dari bagaimana elemen yang terdapat dalam suatu ruangan. Dan otak Anda merespon berdasarkan elemen tersebut. Misalnya ketika Anda melihat tempat tidur, Anda berpikir tentang istirahat. 

Sehingga, ketika Anda menjadikan satu antara ruang bekerja dengan ruang istirahat, Anda kemungkinan akan sulit fokus dalam bekerja. 

Kesimpulan

Itulah ketujuh tips fokus kerja yang dapat Anda praktikan ketika sedang kehilangan konsentrasi dalam bekerja. Ada hal-hal yang perlu Anda lakukan, seperti berolahraga dan minum air putih. Atau hal yang perlu Anda hindari, seperti banyaknya benda di meja kerja.

Jika pada akhirnya Anda tetap mengalami kesulitan untuk fokus bekerja, mungkin ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan terkait pekerjaan Anda.