7 Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Produktif dan Kondusif

Tips Bekerja dari Rumah

Sejak pandemi Covid-19, banyak perusahaan menerapkan sistem kerja work from home (WFH), atau bekerja dari rumah. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Upwork pada tahun 2021 lalu, 61,9% dari 1.500 perusahaan menetapkan karyawan bekerja dari rumah atau WFH. 

Kebijakan baru tersebut tentu menimbulkan implikasi. Sebagai dampaknya, Statista menunjukkan, hanya 31% pekerja tidak terkendala ketika WFH. Sisanya menemui kendala, seperti kesulitan fokus, banyak distraksi hingga kurang motivasi. Apakah Anda mengalami hal yang sama? Lalu, bagaimana mengatasinya?

Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Produktif dan Kondusif

Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi, artinya Anda membutuhkan tips bekerja dari rumah berikut ini.

Persiapkan Diri dengan Atur Mindset

Tips buat kerja dari rumah yang pertama adalah mempersiapkan diri dan pikiran. Ini terlihat sepele, namun sebenarnya persiapan yang baik dalam hal mindset atau cara berpikir adalah landasan yang mempengaruhi bagaimana Anda bekerja. Mindset membedakan mereka yang sukses dan gagal dalam menyelesaikan tugas.

Usahakan untuk memikirkan hal yang membuat Anda tertantang atau semangat sebelum mulai bekerja alih-alih memikirkan hal negatif. Misalnya daripada berpikir, “Ah, sudah Senin lagi.” lebih baik berpikir, “Ini hari Senin. Yang perlu saya kerjakan apa saja, ya? Kira-kira butuh waktu menyelesaikan berapa menit ya?”

Persiapkan Kebutuhan Kerja dan Pendukungnya

Persiapkan segala kemungkinan yang Anda butuhkan ketika bekerja. Kadang ketika sudah siap bekerja, laptop di meja, charger sudah tersedia, namun ketika hendak mencolokkan ternyata tidak ada stop kontak. Atau, saat akan browsing ternyata internet mati. Hal seperti ini berpotensi mengganggu konsentrasi Anda.

Maka solusinya adalah Anda harus mempersiapkan kebutuhan kerja dengan baik. Periksa dan antisipasi semua kebutuhan sebelum mulai bekerja, mulai dari yang paling penting hingga yang bersifat pendukung. Misalnya seperti plug socket, tas, catatan, bolpoin, hingga air putih. 

Alokasikan Jam Khusus untuk Bekerja Sebagaimana di Kantor

Menyediakan waktu khusus untuk bekerja adalah tips sukses bekerja dari rumah selanjutnya. Ketika Anda tidak memiliki waktu khusus yang tersistem, mungkin Anda hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbaring sambil membuka media sosial. Setelah beberapa jam terbuang,  Anda baru sadar dan menyesal.

Maka dari itu, penting untuk Anda memisahkan jam kerja dengan jam istirahat atau yang lainnya. Ketika belum waktunya istirahat, ya, jangan beristirahat. Karena ketika sekali Anda melanggar aturan yang Anda buat terkait jam kerja, maka akan sulit untuk mematuhinya kembali.

Sediakan Jam Istirahat di Sela Pekerjaan

Mengalokasikan waktu istirahat merupakan tips cara bekerja dari rumah yang sama pentingnya dengan mengalokasikan waktu untuk bekerja. Ketika Anda sudah bersemangat bekerja, jangan sampai lupa atau mengabaikan alokasi waktu istirahat. Karena 

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyisihkan waktu sekitar 30 hingga 45 lima menit setelah 3 hingga 4 jam bekerja di depan komputer. Di waktu istirahat ini dapat Anda gunakan untuk menyegarkan kembali pikiran. Caranya  dengan melakukan hal menyenangkan, seperti menonton YouTube atau menyeduh teh. 

Buat Ruang Kerja Khusus

Ruang khusus yang Anda dedikasikan untuk bekerja ketika di rumah penting adanya. Karena setiap ruang memiliki fungsinya masing-masing. Ketika Anda memasuki ruang tersebut, respon otomatis di otak Anda akan berkaitan dengan aktivitas yang biasa dilakukan dalam ruang tersebut. 

Ruang kerja khusus bukan berarti harus memiliki ruang tersendiri. Meja kerja di pojok kamar juga dapat menjadi spot khusus untuk Anda bekerja. Intinya jangan jadikan satu dengan tempat tidur atau tempat makan. Agar ketika Anda duduk, respon otomatis otak Anda hanya berkaitan dengan pekerjaan. 

Buat Batasan dengan Orang Rumah

Membatasi diri dengan orang yang ada di rumah juga sangat penting. Terkadang kendalanya adalah, ketika Anda sedang bekerja, kemudian Ibu atau saudara Anda meminta untuk membelikan sesuatu di pasar atau mengantarkan belanja. Hal ini akan mengganggu tanggung jawab Anda dalam pekerjaan.

Untuk itu, Anda perlu mengomunikasikan dengan orang rumah, bahwa Anda sedang bekerja dan butuh untuk fokus pada pekerjaan. Membatasi diri bukan berarti Anda membenci mereka. Beri tahu mereka dengan cara yang baik, yakni memberi tahu tanggung jawab Anda dan dampak jika pekerjaan Anda terbengkalai. 

Disiplin Menaati Peraturan Anda

Dari enam tips di atas, semua berpotensi gagal ketika Anda tidak taat dan disiplin terhadap aturan tersebut. Ketika Anda sudah menetapkan waktu bekerja mulai jam 8 sampai jam 5 sore, kemudian istirahat jam 11.30 sampai jam 12.00, maka taati aturan tersebut. Jika Anda abaikan, sistem tersebut tidak akan jalan.

Jika sistem tersebut tidak jalan, akhirnya usaha Anda untuk dapat bekerja dari rumah dengan baik menjadi gagal. Pada akhirnya, Anda lah yang menentukan apakah tips produktif di rumah aja tersebut akan berhasil atau tidak. 

Kesimpulan

Demikian tips bekerja dari rumah yang dapat Anda terapkan. Mulai dari tahap persiapan,  proses, hingga faktor penentu berhasilnya yakni kedisiplinan, yang diharapkan dapat membantu Anda lebih produktif dalam bekerja. Simak juga tips fokus kerja yang bisa Anda manfaatkan sebagai pendukung untuk menyelesaikan setiap tugas lebih baik.