Keunggulan Pinjaman Multiguna Dibanding Gadai

Pinjaman Multiguna

Salah satu cara untuk mengajukan pinjaman adalah dengan menukarkan barang yang memiliki value tinggi sebagai jaminan untuk mendapatkan sejumlah uang yang nilainya sesuai . Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba untuk melakukan pinjaman multiguna atau multipurpose loan.

Multipurpose loan ini sebenarnya mirip dengan gadai yang biasanya dilakukan di institusi Pegadaian. Karena ada barang yang harus menjadi jaminan agar para nasabah dapat membayar pinjaman ini dalam rentang waktu tertentu. Namun, ada beberapa keunggulan dari multipurpose loan ini dibanding menggadaikan.

Poin Utama:

  • Layanan multipurpose loan memiliki beberapa keunggulan jika Anda membandingkannya dengan penggadaian.
  • Benefit yang dapat Anda peroleh dari multipurpose loan meliputi jangka waktu pelunasan (masa tenor) yang panjang, dana pinjaman yang lebih besar, akses barang jaminan yang masih bisa Anda gunakan, serta persentase bunganya yang lebih rendah. 
  • Produk Multipurpose loan Dananow dari Mandiri Utama Finance (MUF) memberikan layanan darurat gratis selama 24 jam bagi nasabah yang mendaftar melalui simulasi pinjaman secara daring.

Keunggulan Pinjaman Multiguna atau Multipurpose Loan

Berikut adalah keunggulan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan layanan multipurpose loan jika Anda bandingkan dengan penggunaan layanan penggadaian.

Masa Tenor yang Lebih Panjang

Pengertian dari masa tenor ini adalah jangka waktu yang diberikan pada para nasabah untuk melunasi kredit sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan sebelumnya. Jika nasabah tidak mampu melakukan pembayaran tersebut, maka barang jaminan dapat sepenuhnya menjadi milik pemberi pinjaman.

Jika Anda mengajukan pinjaman pada layanan penggadaian barang, masa tenor yang Anda peroleh relatif cukup pendek daripada menggunakan layanan mulipurpose loan, yakni sekitar 4 bulan. 

Sedangkan, masa tenor pada layanan multipurpose loan dapat mencapai lebih dari setahun. Dengan layanan pinjaman Mandiri multiguna atau Dananow, Anda dapat melunasinya dalam waktu antara 1 tahun hingga 5 tahun. Artinya, Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk melunasi kredit ini.

Dana Pinjaman Multiguna Lebih Besar

Besar dana yang dapat Anda pinjam dari penggadaian dan multipurpose loan memiliki perbedaan tersendiri.

Untuk kasus penggadaian, besar dana yang bisa diperoleh lebih rendah dari pengajuan pinjaman pada multipurpose loan, karena hanya dapat menerima barang dengan value yang tidak begitu besar.

Sedangkan untuk multipurpose loan, Anda dapat meminjam dengan nilai hingga ratusan juta, bergantung pada barang yang menjadi jaminan. Apabila Anda mengajukan pinjaman di Dananow, Anda dapat menggadaikan kendaraan Anda untuk dana hingga Rp 500.000.000 untuk jaminan berupa BPKB mobil.

Barang Jaminan Masih Bisa Anda Gunakan

Pada layanan penggadaian, Anda tidak dapat menggunakan barang jaminan, karena barang tersebut harus langsung tersimpan. Tentunya ini akan menjadi masalah jika Anda menggadaikan kendaraan bermotor karena Anda tidak dapat merawatnya. Alhasil, mesinnya bisa saja mogok setelah kredit sudah lunas.

Hal ini tidak Anda temukan pada layanan multipurpose loan. Bahkan setelah dana cair pun Anda masih bisa menggunakan kendaraan jaminan sehingga barang tidak mogok karena Anda dapat tetap merawatnya. Sebagai gantinya, BPKB Anda adalah jaminannya, sehingga memiliki prosedur yang sedikit berbeda ketika harus mengurus pajak 5 tahunan.

Persentase Bunga Pinjaman Multiguna Lebih Rendah

Bunga yang menjadi tanggungan Anda ketika menggunakan layanan pegadaian memiliki persentase yang lebih besar dari layanan multipurpose loan. Anda akan dikenakan tarif 1 persen hingga 1,25 persen untuk setiap 15 hari. Dengan kata lain, dalam satu bulan Anda perlu membayar bunga tersebut sebanyak dua kali.

Di sisi lain, persentase bunga pada layanan multipurpose loan Dananow sebesar 0,75 persen per bulannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana dengan jaminan kendaraan bermotor, multipurpose loan adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Layanan Darurat 24 Jam dari Dananow

Selain memperoleh manfaat dari keunggulan-keunggulan tadi, Anda juga dapat memperoleh benefit lain dengan menggunakan layanan multipurpose loan dari pinjaman multiguna Mandiri ini, seperti layanan darurat secara gratis. Layanan darurat tersebut berupa:

  1. Penderekan
  2. Penanganan masalah aki
  3. Pengiriman bahan bakar
  4. Penanganan kendaraan yang terkunci
  5. Penggantian ban kempes.

Kelima layanan ini bisa Anda peroleh jika Anda melakukan pengajuan secara daring melalui simulasi kredit multiguna berikut ini. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu khawatir jika kendaraan Anda mengalami mogok di tengah jalan atau mengalami kebocoran ban.

Penutup

Dengan menggunakan layanan pinjaman multiguna Dananow, Anda akan memperoleh berbagai benefit yang dapat mendukung masalah finansial Anda. Selain itu, layanan darurat 24 jam dapat Anda gunakan secara gratis ketika terjadi masalah darurat selama perjalanan Anda.

Jika Anda membutuhkan gadai BPKB mobil bunga rendah, layanan pinjaman dana Mandiri multiguna Dananow hadir untuk melayani kepentingan finansial Anda. Anda dapat melakukan proses pengajuan gadai mobil di link berikut ini