Wujudkan Semua Mimpi

Tips Menjalankan Bisnis Online Agar Pelanggan Tetap Setia

Pelanggan Tetap Setia

Jika kepuasan pelanggan menjadi ujung tombak pencapaian bisnis Anda, maka kesetiaan pelangganlah yang akan menjadi indikator keberhasilan tersebut. Dalam hal ini Anda perlu memahami kiat-kiat yang dilakukan agar pelanggan tetap setia.

Ingin Pelanggan Tetap Setia?

Ikuti beberapa tips mengenai bagaimana cara untuk mempengaruhi minat pembeli agar menjadi pelanggan tetap.

1. Jaga Selalu Mutu Produk

Tips pertama dalam menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan adalah dengan selalu menjaga kualitas produk atau jasa yang Anda berikan. Jangan pernah sekali pun Anda mengabaikan aspek Quality Assurance maupun Quality Control  di setiap aktivitas bisnis Anda.

Dengan memastikan kualitas produk sebelum Anda mengirimkannya kepada pelanggan, Anda setidaknya sudah mengupayakan bagaimana caranya agar pelanggan tetap setia.

2. Ciptakan Impresi Positif

Sebagai seorang pebisnis, apa yang akan Anda lakukan untuk membuat pelanggan Anda setia? Salah satunya adalah dengan memberikan kesan positif di setiap layanan yang Anda berikan.

Jika Anda memiliki website atau blog sebagai media bisnis, upayakan tampilan yang sederhana tapi menarik bagi pelanggan.

Mempersingkat response time kepada pelanggan juga dapat menjadi salah satu cara mempengaruhi minat pembeli agar pelanggan tetap setia Anda.

3. Permudah Sistem Layanan

Jangan sampai kata ‘ribet’ muncul dari pelanggan Anda ketika harus melakukan proses order, pembayaran, atau pengembalian produk.

Dalam hal ini, Anda perlu menerapkan strategi one-click solution di setiap fitur aplikasi atau transaksi yang akan pelanggan Anda gunakan.

Jika mencantumkan prosedur atau tata cara bertransaksi, pastikan penjelasan dan instruksi yang Anda sampaikan mudah dipahami dan tidak menimbulkan multitafsir.

4. Perluas Media Informasi dan Komunikasi

Memanfaatkan media sosial yang marak digunakan oleh pelanggan Anda merupakan salah satu cara menarik minat pembeli agar pelanggan tetap setia.

Media sosial tidak hanya berguna sebagai sarana pemasaran dan promosi, tetapi juga berguna sebagai media komunikasi ketika pelanggan ingin menghubungi Anda.

5. Kenalkan Nilai Bisnis Anda

Tidak menutup kemungkinan business value yang Anda sematkan ke dalam bisnis Anda memiliki kesamaan dengan visi yang dimiliki oleh pelanggan. Khususnya yang memiliki keterkaitan dengan isu-isu sosial yang sedang marak terjadi.

Seperti misalnya, bisnis Anda lebih menekankan pentingnya penggunaan bahan daur ulang demi pelestarian lingkungan dan menanggulangi penumpukan sampah.

Dengan memperkenalkan nilai bisnis tersebut, secara tidak langsung Anda sudah menerapkan cara untuk mempengaruhi minat pembeli agar menjadi pelanggan tetap setia Anda.

6. Kontrol Harga

Menjaga nilai jual produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat menjadi salah satu cara terampuh membentuk dan menjaga agar pelanggan tetap setia.

Jika memang karena suatu alasan tertentu Anda harus menaikkan harga jual produk, pastikan selisihnya masih masuk akal bagi pelanggan Anda. Bila perlu, Anda dapat memberikan sedikit imbauan mengenai kenaikan harga tersebut.

7. Tingkatkan After-sale Service

Tidak hanya dari kualitas produk yang diterima, pelanggan Anda pun tentu akan sangat memperhatikan kualitas pelayanan setelah transaksi berhasil dilakukan. Terutama ketika terjadi kendala yang masih melibatkan proses garansi.

Pastikan Anda tidak membuat pelanggan Anda merasa dirugikan seusai melakukan transaksi bisnis dengan Anda.

8. Pertahankan Etika Bisnis

Masih berkaitan tentang impresi pelanggan, Anda pun harus tetap senantiasa menjaga etika bisnis yang sudah Anda bentuk sejak awal.

Salah satunya adalah dengan tidak mempublikasikan konten-konten yang bersifat provokatif apalagi intimidatif terhadap semua kalangan, termasuk kompetitor Anda.

9. Beri Ruang untuk Testimoni

Cara lain untuk membangun dan mempertahankan agar pelanggan tetap setia, Anda perlu memberikan mereka kesempatan untuk menampilkan tanggapan mengenai kualitas produk dan layanan yang Anda berikan.

Bersikaplah terbuka terhadap setiap penilaian. Tunjukkan Anda memiliki integritas dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan yang Anda berikan kepada semua pelanggan.

10. Ciptakan Program-Program Pro-Konsumen

Selain kesembilan tips di atas, cara lain yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pebisnis online untuk membuat pelanggan Anda tetap setia adalah dengan membuat program-program khusus bagi mereka.

Anda dapat memberikan bonus, membuat penawaran spesial, membentuk komunitas pelanggan, atau mengadakan acara spesial bagi mereka. Tujuannya tidak lain sebagai wujud apresiasi atas kesetiaan pelanggan kepada Anda.

Selamat mempraktikkan kiat-kiat yang dilakukan agar pelanggan tetap setia kepada Anda.

Jangan lewatkan juga beragam artikel tips dalam berbisnis lainnya yang disajikan oleh mufdana dari MUF (Mandiri Utama Finance). Semoga artikel di atas bisa Anda jadikan sebagai salah satu sumber inspirasi dalam menjalankan usaha.