Ingin Sukses? Kenali Tanda-Tanda Harus Ganti Pekerjaan

Tanda-Tanda Harus Ganti Pekerjaan

Pindah pekerjaan mungkin dapat menjadi solusi untuk meraih kesuksesan. Namun sebelum itu, Anda tetap perlu mempelajari tanda-tanda harus ganti pekerjaan terlebih dahulu.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda harus pindah kerja atau bertahan.

Peluang untuk Berkembang

Di mana pun Anda bekerja, Anda harus tetap berkembang, baik dari segi karir, kinerja, maupun pendapatan. Ternyata, perkembangan di sini tidak hanya melulu soal Anda, tetapi juga tentang tempat Anda bekerja.

Beberapa pertanyaan berikut dapat membantu Anda mengenali tanda-tanda harus ganti pekerjaan sebelum akhirnya resign dari pekerjaan sekarang.

1. Adakah ruang untuk berkembang?

Semisal Anda memiliki rencana studi lanjutan, apakah perusahaan tempat Anda bekerja mengizinkan atau bahkan memfasilitasi keinginan Anda tersebut?

2. Bagaimana kondisi karir Anda sekarang dan lima tahun ke depan?

Apa pun posisi Anda sekarang; apakah Anda dapat melihat peluang naik jabatan seiring dengan peningkatan performa kerja Anda?

3. Bagaimana kondisi perusahaan sekarang dan lima tahun ke depan?

Bagaimana kondisi perusahaan tempat Anda bekerja saat ini? Apakah memiliki prospek ke depan yang baik, atau malah sebaliknya?

Tanda-Tanda Harus Ganti Pekerjaan Dilihat Dari Lingkungan atau Suasana Kerja

Faktor kedua yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan jauh sebelum memutuskan resign dari pekerjaan, adalah mengenai lingkungan sosial tempat Anda bekerja. Di sini Anda pun bisa mendapatkan petunjuk akan tanda-tanda harus ganti pekerjaan.

1. Apakah Anda merasa menjadi bagian dari entitas perusahaan?

Rasa memiliki adalah indikator paling jelas dari suatu lingkungan kerja yang inklusif dan suportif. Anda tentu tidak akan nyaman berada di dalam suatu tim yang seolah-olah membuat Anda menjadi ‘orang asing’, bukan?

2. Apakah atasan Anda memberi ruang bagi seluruh potensi Anda?

Memiliki bos yang menyebalkan itu sudah biasa. Namun yang lebih penting, apakah pimpinan Anda tetap bisa mengapresiasi seluruh potensi dan karya Anda? 

Dampak Terhadap Kesehatan dan Psikis Anda

Sebagai pertimbangan ketiga sebelum Anda resign dari pekerjaan adalah dampak dari pekerjaan terhadap kesehatan mental dan fisik Anda. Beberapa pertanyaan berikut mungkin dapat menjadi alasan atas tanda-tanda harus ganti pekerjaan atau malah sebaliknya.

1. Apakah beban kerja Anda menimbulkan stres berkepanjangan?

Melakukan pekerjaan di luar kapasitas jelas dapat membuat Anda jenuh bekerja dan ingin resign. Jika stres akibat pekerjaan membuat Anda semakin terbebani, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk resign.

2. Apakah Anda cenderung mudah mengeluh dalam menghadapi pekerjaan?

Kerap mengeluh tentang beban pekerjaan bisa saja menjadi salah satu indikator kejenuhan. Namun tunggu dulu. Anda harus paham betul mengapa Anda mengeluh. Jangan-jangan masalahnya ada di manajemen waktu Anda?

Apapun itu, Anda bisa mempertimbangkan tips cara memilih karir yang tepat sebagai salah satu solusi.

3. Bagaimana perkembangan kondisi kesehatan fisik Anda selama bekerja?

Jika memang Anda merasa bahwa kesehatan fisik Anda semakin menurun karena jam tidur yang kerap terkuras karena lembur, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan hal itu sebagai tanda harus ganti pekerjaan.

4. Apakah pekerjaan Anda memberi cukup waktu bagi Anda dan keluarga?

Keseimbangan waktu menjadi salah satu faktor penentu kesehatan, khususnya mental Anda. Jika pekerjaan terlalu menyita waktu Anda pribadi dan keluarga, apakah hal itu membuat Anda bahagia?

Pendapatan Finansial

Hasil survei Payscale yang melibatkan lebih dari 38.000 responden menunjukkan bahwa isu gaji menjadi alasan terkuat untuk pindah kerja. Akan tetapi, apakah jumlah uang yang Anda terima menjadi satu-satunya alasan untuk Anda resign?

Beberapa pertanyaan berikut mungkin dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan soal pendapatan finansial:

1. Apakah gaji yang Anda terima benar-benar mencukupi kebutuhan pokok?

Bersikap realistis bukanlah tindakan yang keliru. Bila memang pekerjaan Anda memberi penghasilan yang serba pas-pasan, atau malah minus, bisa jadi itulah tanda Anda harus pindah kerja.

2. Apakah Anda kerap mengalami penundaan pembayaran atau malah potongan?

Penundaan pemberian hak gaji mungkin bisa saja terjadi karena suatu permasalahan tertentu. Namun jika terlalu sering, hal itu bisa menjadi indikator kesehatan internal perusahaan dan alasan untuk Anda pindah kerja.

Tujuan Hidup Anda Sebagai Indikator Tanda Harus Ganti Pekerjaan

Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah kerja atau bertahan adalah tujuan hidup, prinsip dan kemampuan diri Anda.

1. Apa sebenarnya yang Anda cari dalam hidup?

Jika memang Anda memiliki suatu impian untuk diwujudkan, apakah pekerjaan Anda saat ini mengarah ke sana atau malah sebaliknya? 

Kuncinya, jangan sia-siakan waktu Anda untuk sesuatu yang sekiranya tidak berkontribusi terhadap tujuan hidup Anda.

2. Apakah perusahaan tempat Anda bekerja selaras dengan prinsip kerja Anda?

Jika perusahaan tempat Anda bekerja menerapkan suatu hal yang sekiranya bertentangan dengan prinsip hidup Anda, masih perlukah Anda bertahan lebih lama di tempat itu?

3. Bagaimana Anda menilai kinerja Anda selama ini?

Bekerja harus sesuai dengan kemampuan dan minat, itu harapannya. Jika Anda menilai bahwa selama ini Anda tidak mengalami perkembangan, bisa saja Anda menjalani sesuatu yang berada di luar kapasitas atau minat Anda.

Apakah pertanyaan-pertanyaan di atas menjadi tanda-tanda Anda harus segera resign? Jangan gegabah, tapi jangan ragu untuk mengambil keputusan bila memang Anda sudah yakin dengan tanda-tanda harus ganti pekerjaan.