Tips Merencanakan dan Mempersiapkan Biaya Pernikahan

biaya pernikahan

Menikah adalah hal yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Akan tetapi, biaya pernikahan yang tidak Anda rencanakan matang-matang cenderung akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Bila Anda dan pasangan mendambakan konsep pernikahan sederhana tapi elegan, beberapa tips dan saran berikut ini kemungkinan besar dapat membantu.

Menentukan Tanggal Pernikahan

Menentukan kapan Anda menikah adalah tahap awal dalam merencanakan biaya pernikahan. 

Hal yang harus Anda dan pasangan perhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan adalah jarak waktu. Akan sangat bijaksana bila Anda mengambil jarak yang cukup: tidak terlalu dini tapi juga jangan terlalu lama.

Hal yang harus Anda dan pasangan sadari, kebutuhan pasca pernikahan akan jauh lebih membebani ketimbang perayaan pernikahan itu sendiri.

Menentukan Konsep Acara Pernikahan

Urusan paling seru dari persiapan biaya pernikahan adalah soal menentukan konsep acara pernikahan. Mengapa demikian?

Segala hal yang berkaitan dengan perencanaan biaya pernikahan, mulai dari penentuan lokasi hingga rincian kebutuhan acara terhimpun di dalamnya. Apalagi bila Anda menginginkan konsep pernikahan yang sederhana namun elegan.

Beberapa strategi yang harus Anda dan pasangan pertimbangan adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Lokasi Pernikahan

Selain menyewa gedung atau merayakannya di rumah, Anda dan pasangan dapat memilih tempat-tempat lain yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda.

Anda bisa saja memilih fasilitas umum, seperti restoran, kafe, atau bahkan taman. Dalam hal ini, Anda dan pasangan harus benar-benar jeli dalam meriset harga agar biaya pernikahan tidak membengkak. Selain itu juga memperhitungkan kapasitas pengunjung dan keterjangkauan lokasi.

Namun jika memungkinkan, Anda pun dapat memanfaatkan area-area unik di sekitar tempat tinggal Anda atau keluarga. Area ini dapat mencakup halaman rumah atau tepian danau dan sebagainya.

2. Penentuan Daftar Tamu Undangan

Mempersiapkan biaya pernikahan erat kaitannya dengan penentuan jumlah tamu undangan. Melewatkan satu tamu penting bisa merusak reputasi, tetapi terlalu banyak menyebar undangan bisa menghancurkan keuangan Anda.

Tips terampuh untuk mengatasi dilema tersebut adalah dengan membuat skala prioritas. Anda dan pasangan harus mendahulukan kerabat terdekat baru kemudian rekan-rekan.

3. Estimasi Anggaran Konsumsi

Secara umum, penentuan estimasi anggaran konsumsi berbanding lurus dengan jumlah tamu undangan dan menu sajian yang Anda dan pasangan tentukan.

Jika memilih menu prasmanan, Anda tidak perlu menghadirkan terlalu banyak varian untuk menu utama. Tiga hingga lima menu utama cukup. Sisanya bisa Anda alokasikan dana dari biaya pernikahan untuk menu cemilan, pembuka, atau penutup.

Jika dirasa merepotkan, Anda bisa juga memanfaatkan jasa katering. Kuncinya adalah dengan memperbanyak riset soal penyedia jasa tersebut.

4. Estimasi Anggaran Sewa Tempat dan Dekorasi

Di mana pun Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah tetaplah membutuhkan jasa dekorasi. Dengan menggunakan jasa Wedding Organizer mungkin Anda tidak perlu repot, tapi bagaimana bila budget biaya pernikahan Anda terbatas?

Caranya cukup sederhana. Tidak ada salahnya bila Anda meminta bantuan rekan-rekan Anda (atau pasangan) yang mumpuni dalam hal tata ruang. Mereka tidak harus profesional. Bisa saja teman-teman pemuda desa atau kelompok-kelompok keagamaan Anda.

Sesudah itu, pilihlah materi-materi dekorasi yang sederhana namun sarat akan tema yang Anda dan pasangan rencanakan. Tidak harus baru, Anda bisa menggunakan yang sudah ada atau meminjam dari kerabat terdekat.

5. Estimasi Anggaran Seragam dan Souvenir

Sama seperti sebelumnya, penentuan anggaran untuk seragam dan souvenir bergantung pada konsep yang Anda dan pasangan rencanakan.

Untuk terlihat tampan atau cantik tidak perlu gaun mahal yang semakin membebani biaya pernikahan. Selama terlihat pas, nyaman, dan kontekstual, Anda dan pasangan tidak perlu minder untuk mengenakannya di acara pernikahan.

Untuk soal bingkisan, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih barang-barang unik tapi bermanfaat, seperti gelas kayu, ciduk nasi kayu, gagang lilin, dan sebagainya.

6. Estimasi Anggaran Tata Rias dan Dokumentasi

Sama halnya dengan keperluan dekorasi, anggaran untuk tata rias dan dokumentasi bisa Anda siasati dengan cara menghubungi kerabat-kerabat Anda yang mungkin bisa membantu untuk keperluan tersebut.

Merencanakan Anggaran Biaya Pernikahan

Penentuan tanggal sudah. Perincian konsep sudah. Sekarang Anda tinggal mempersiapkan biaya pernikahan dengan pasangan Anda. Anda harus tahu strategi dan langkah yang akan Anda ambil dalam meracik keuangan pernikahan.

Menabung

Apa pun konsep pernikahan itu, yang jelas Anda dan pasangan harus tetap mengalokasikan dana pernikahan berupa tabungan. Semakin dini Anda mulai menabung akan semakin baik.

Dalam hal ini, Anda dan pasangan harus tetap konsisten. Jangan sampai mencampur tabungan pernikahan dengan kebutuhan lain. Dan satu lagi, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat.

Kurangi Sikap Konsumtif

Ada baiknya bila Anda dan pasangan mulai mengurangi jatah rekreasi atau pacaran. Toh sebentar lagi Anda dan pasangan akan hidup bersama dalam satu atap, bukan?

Ada baiknya bila Anda dan pasangan juga mulai mengurangi pengeluaran yang hanya bersifat kesenangan pribadi, seperti belanja online atau rutinitas makan di restoran.

Belajar Berinvestasi

Anjuran untuk memulai investasi sebenarnya tidak harus muncul karena Anda ingin menikah. 

Meski demikian, manfaat jangka panjang dari kegiatan berinvestasi akan Anda dan pasangan rasakan, khususnya setelah berumah tangga.

Alternatif Pendanaan

Biaya tak terduga dapat muncul kapan saja dalam berbagai bentuk. Jika terjadi, hal ini dapat saja membebani anggaran biaya pernikahan yang telah direncanakan. Sementara waktu terus berjalan dan menunda mungkin bukan pilihan.

Namun tidak perlu khawatir, karena Anda dan pasangan dapat mempertimbangkan pinjaman dana pernikahan sebagai solusi. Sebagai bagian dari pinjaman multiguna, pinjaman jenis ini dapat menghasilkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak.

Dengan menggunakan BPKB motor atau mobil sebagai jaminan, lembaga pembiayaan seperti Dananow bisa diandalkan untuk mendapatkan dana cepat. Dengan pengajuan mudah secara online, pencairan dana cepat (maksimal 48 jam), aman dan terpercaya, acara pernikahan Anda bisa tetap berjalan sesuai rencana.

Sekiranya demikian beberapa tips persiapan dana pernikahan yang dapat Anda pelajari kali ini. Semoga dapat membantu Anda dan pasangan dalam merencanakan biaya pernikahan.