Cara Terhindar Dari Hutang Agar Tidak Semakin Menumpuk

Cara Terhindar Dari Hutang

Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan dan tak jarang memilih berhutang kepada pihak lain agar terpenuhi. Namun, kebiasaan berhutang ini tanpa disadari akan mengganggu kehidupan keuangan keluarga Anda. Untuk itu, maka Anda perlu mengetahui cara terhindar dari hutang, apalagi yang semakin menumpuk.

10 Cara Terhindar dari Hutang

Berikut ini adalah 10 cara terhindar dari hutang yang bisa Anda terapkan. Apa saja itu?

1. Membuat Catatan Penghasilan Dan Pengeluaran Setiap Bulan

Tips terbebas dari hutang yang pertama adalah membuat catatan pemasukan dan pengeluaran. Jika perlu catat semua yang menjadi kebutuhan keluarga. Seperti bayar SPP anak, listrik, kontrakan/cicilan rumah, kebutuhan pokok, hingga untuk liburan. 

Pastikan total pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan setiap bulan.

2. Buatlah Anggaran dan Prioritaskan Membayar Hutang Terdahulu

Setelah membuat catatan pemasukan dan pengeluaran, maka selanjutnya adalah buat anggaran.  Tujuan membuat anggaran adalah untuk mengontrol pengeluaran. 

Jika Anda pernah berhutang sebelumnya, maka prioritaskan untuk membayar hutang tersebut setiap kali menerima gaji bulanan. Jadi, tidak khawatir terpakai untuk memenuhi kebutuhan yang lain. 

3. Mengalokasikan 10% Untuk Menabung

Cara terhindar dari hutang selanjutnya adalah menabung. Atur 10% dari uang yang masuk, dan gunakan untuk menabung.

Menabung adalah kebiasaan baik untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak tak terduga di masa mendatang. 

Selain menabung untuk kebutuhan darurat, Anda juga perlu menetapkan tujuan finansial di hari esok. Seperti untuk membeli rumah, pendidikan anak dan lainnya.

4. Mengurangi Kebiasaan Belanja Konsumtif Secara Berlebihan

Terkadang tanpa sadar, hobi berbelanja membuat pengeluaran membengkak. Sehingga keuangan pun menjadi berantakan. 

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memahami mana kebutuhan dan keinginan. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang berlebihan hanya sekadar memenuhi keinginan semata. Apalagi tergiur membeli barang-barang yang tidak bersifat krusial. 

5. Hiduplah Sederhana

Ada pepatah dari Bob Sadino, yang berbunyi “Hiduplah sesuai isi kantong Anda”.  Karena terkadang, demi mengikuti tren zaman dan gengsi, Anda rela berhutang sana-sini. 

Mulailah mencoba untuk hidup sederhana, sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu memaksa terlihat “Wah” hanya demi gaya. Sebab kebiasaan inilah yang menjadi cikal bakal terjerat hutang. 

6. Berilah Jeda 15 Menit Sebelum Membeli Barang

Tips lain terbebas dari hutang adalah memastikan apakah yang Anda beli merupakan kebutuhan atau keinginan. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menunggu 15 menit. 

Apabila setelah 15 menit, keinginan membeli sebuah barang hilang, artinya Anda dapat menahan godaan berbelanja. 

Trik ini merupakan salah satu jalan menahan diri dari kebiasaan berbelanja konsumtif yang berlebihan. Sehingga Anda pun tidak perlu berhutang. 

7. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika Anda merasa masih mempunyai waktu luang dalam sepekan, maka cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. 

Bisa membuka toko online atau menjadi pekerja lepas. 

8. Disiplin

Cara terhindar dari hutang yang lain adalah disiplin. Anda harus disiplin dengan catatan anggaran yang telah Anda susun sebelumnya. 

Jika suatu waktu ada kebutuhan mendesak di luar catatan, maka putuskan apakah Anda akan berhutang atau mengorbankan pengeluaran lainnya. 

Apabila dengan mengorbankan pengeluaran lain dapat memenuhi kebutuhan tersebut, maka berkorbanlah,  agar tidak berhutang. 

9. Terus Usaha Untuk Memiliki Kebebasan Finansial

Berhutang memang wajar, namun jika dapat menabung, berhemat dan hidup sederhana kenapa tidak? 

Tidak ada salahnya menerapkan pola hidup hemat. Sebab, Anda tidak pernah tahu kehidupan esok hari. 

Percayalah, hutang hanya akan menambah beban hidup yang membuat tidak nyaman. Tanamkan di dalam diri, untuk selalu bijaksana mengatur keuangan dan pelan-pelan terbebas dari hutang. 

Ciptakan kebiasaan baru tanpa hutang agar hidup menjadi lebih tenang, tanpa khawatir mendapat kunjungan debt collector atau lainnya. Tentu saja semua ini untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik dari sebelumnya. 

10. Meminta Dukungan Keluarga

Agar dapat terbebas dari hutang, Anda perlu melibatkan keluarga. Minta dukungan keluarga agar mereka juga mau hidup sederhana dan berhemat. Tanpa Anda sadari, tuntutan keluarga menjadi salah satu penyebab berhutang. 

Sehingga jika ingin terhindar dari hutang, langkah terbaik adalah meminta dukungan dari pasangan/anak.

Itulah 10 cara terhindar dari hutang yang dapat Anda terapkan dalam hidup.

Tips Keuangan

Disesuaikan dengan status Anda, tips berikut ini dapat mempermudah Anda dalam merencanakan dan mengatur keuangan :

Solusi Keuangan

Terkadang ada saat di mana Anda terpaksa berhutang sebagai solusi mengatasi kebutuhan mendesak yang melebihi simpanan cadangan. Kebutuhan ini dapat berupa perawatan kesehatan, renovasi rumah, modal untuk membangun atau mengembangkan usaha dan sebagainya.

Hutang bisa menjadi solusi atau masalah, tergantung bagaimana cara Anda menyikapinya. Dengan terbiasa mengatur keuangan secara disiplin seperti tips di atas, maka Anda juga akan lebih bijaksana dalam menghadapi kondisi tertentu.

Dengan demikian, maka Anda masih bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman multiguna sebagai jalan keluar. Beberapa hal yang perlu dipastikan agar cara terhindar dari hutang yang semakin menumpuk dan dapat Anda terapkan dengan baik adalah :

Dengan demikian maka Anda dapat tetap menjaga stabilitas keuangan sekaligus memaksimalkannya. Semoga semua ulasan di atas dapat membantu Anda untuk hidup lebih tenang dan sejahtera.