Tips Ajukan Pinjaman BPKB Mobil yang Aman

Pinjaman BPKB Mobil

Pinjaman BPKB mobil merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana tunai cepat dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan. Pinjaman jenis ini memiliki banyak manfaat dan sangat ideal untuk membiayai berbagai kebutuhan, terutama yang mendesak.

Anda cukup menyerahkan dokumen kendaraan kepada lembaga pemberi pinjaman sebagai agunan, tetapi kendaraan tetap berada di tangan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan pinjaman sesuai kebutuhan dan tetap memanfaatkan kendaraan Anda untuk mobilitas keseharian.

Nilai pencairan pinjamannya pun tergolong cukup tinggi, namun tentunya disesuaikan dengan kondisi dan nilai jual dari mobil itu sendiri. Lantas kelebihan apa saja yang ditawarkan pinjaman BPKB mobil dibandingkan pinjaman jenis lainnya?

Kelebihan Pinjaman BPKB Mobil

Ada banyak alasan kenapa pinjaman jaminan BPKB mobil menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan dana tunai. Dan berikut ini adalah beberapa diantaranya : 

1. Proses yang Cepat

Proses pencairan yang cepat menjadi salah satu keunggulannya, terutama jika Anda sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat. Jika seluruh persyaratan telah dilengkapi, pinjaman BPKB mobil langsung cair dalam hitungan jam. Dengan begitu, Anda bisa segera menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan, baik membayar biaya sekolah anak, berobat atau bahkan sebagai modal usaha.

Hal penting yang perlu diingat adalah untuk menggunakannya sesuai tujuan awal agar tepat sasaran. Abaikan segala hal yang menggoda Anda untuk menyimpang dan pada akhirnya justru semakin membebani keuangan Anda.

2. Persyaratan yang Mudah

Kelebihan berikutnya adalah persyaratan yang mudah. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman BPKB mobil adalah dokumen umum yang berupa KTP, KK, STNK dan BPKB. Sedangkan dokumen pelengkap lain biasanya disesuaikan dengan kebijakan tempat Anda mengajukan pinjaman.

Dokumen umum tersebut merupakan berkas dasar yang mudah dan cepat untuk dilengkapi. Setelah melengkapinya, pengajuan dapat dilalui dengan cepat tanpa proses yang berbelit-belit.

3. Bunga yang Rendah

Layaknya pinjaman pada umumnya, bunga adalah biaya yang ditambahkan ketika membayar angsuran. Besarnya bunga dapat berbeda-beda, namun pinjaman BPKB mobil bunga rendah menjadi pilihan karena membuat angsuran menjadi lebih ringan.

Umumnya, suku bunga yang ditawarkan sangat ringan, yakni kurang dari 1 persen. Namun, besarnya dapat berbeda antara lembaga keuangan yang satu dengan lainnya, sesuai dengan kebijakan masing-masing.

Tips Mengajukan Pinjaman yang Aman

Sebelum mengajukan pinjaman BPKB mobil dan menyerahkan dokumen kendaraan Anda sebagai jaminan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips mengajukan pinjaman yang aman :

1. Tentukan Tujuan

Langkah awal yang wajib Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman agunan BPKB mobil adalah tujuannya. Dengan demikian maka Anda dapat mempertimbangkan antara besarnya pinjaman yang dibutuhkan dan kemampuan untuk melunasinya kembali.

Jangan sampai nantinya keuangan Anda justru semakin terbebani dengan sesuatu yang kurang bermanfaat. Atau bahkan harus mengajukan pinjaman lain untuk menutupi pinjaman sebelumnya.

2. Pilih yang Terpercaya

Mengingat bahwa untuk mengajukan pinjaman BPKB mobil Anda harus menyerahkan BPKB mobil, pastikan hanya mengajukan di tempat yang terpercaya. Lembaga atau perusahaan pembiayaan yang terpercaya adalah yang resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dalam hal ini, Anda dapat mengunjungi website resmi OJK dan mencari informasi atau menghubungi kontak yang disediakan di website tersebut. Dengan demikian, Anda tidak mempertaruhkan kendaraan sebagai aset dan dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan sesudahnya.

3. Pelajari Kebijakan yang Berlaku

Setiap lembaga tentunya memiliki kebijakannya masing-masing. Penting untuk memastikan apa saja syarat yang harus dipenuhi saat ingin mengajukan pinjaman BPKB mobil di lembaga tersebut. Selain informasi mengenai biaya lain-lain, cari tahu juga kebijakan mengenai denda atau pun sanksi jika terlambat melunasi angsuran.

Apakah Anda berminat mengajukan pinjaman dana tunai? Ajukan saja pinjaman BPKB mobil Mandiri di Dananow. Produk pembiayaan ini dihadirkan oleh Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai anak perusahaan dari Bank Mandiri yang aman dan terpercaya. Nikmati sejumlah keunggulan Dananow, seperti pengajuan online, syarat mudah, proses cepat, bunga rendah dan masih banyak lagi.