Tips Mengajukan Gadai BPKB Mobil yang Aman

Gadai BPKB Mobil yang Aman

Selain motor, BPKB mobil juga menjadi salah satu jaminan yang biasanya digunakan agar dapat mendapatkan dana dalam waktu singkat. Banyaknya kreditur juga menjadi salah satu alasan mudahnya melakukan gadai BPKB mobil. Sayangnya, tidak semua kreditur menyediakan layanan gadai BPKB mobil yang aman.

Karena itu, agar Anda tetap bisa mendapatkan dana dengan menjaminkan BPKB kendaraan Anda dengan aman, simak tips gadai BPKB mobil yang aman seperti berikut ini :

  1. Memilih Lembaga Peminjam

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk gadai BPKB kendaraan. Misalnya di bank, perusahaan pembiayaan atau multifinance dan di financial technology. Masing-masing memiliki plus minus tersendiri yang perlu Anda pertimbangkan.  

Misalnya untuk financial technology atau fintech. Pembiayaan jaminan BPKB mobil memiliki informasi yang cepat dan mudah untuk diakses. Ditambah dengan proses pencairan dana yang cepat membuat fintech kini menjadi salah satu tempat pembiayaan yang banyak dipilih.

Agar lebih aman, pilih tempat pembiayaan yang mendapatkan izin dari OJK dan APPI. Jika pun Anda terdesak dan tidak sempat mencari tahu, pastikan tempat tersebut memiliki payung hukum yang jelas dan cek kredibilitas. Misalnya lewat review dari orang yang pernah meminjam di tempat tersebut.

  1. Pahami Produknya

Karena Anda hendak mengajukan pembiayaan dengan jaminan BPKB mobil, maka Anda harus lebih teliti melihat produk yang ditawarkan. Hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Berapa bunga yang dibebankan kepada Anda sebagai debitur?
  • Berapa jumlah angsuran yang perlu Anda bayarkan per bulannya hingga pelunasan?
  • Kemudahan dalam pengajuan pembiayaan.
  • Biaya tambahan lainnya yang dibebankan.
  • Kemudahan dalam pembayaran angsuran.
  • Berapa lama tenor yang diberikan?
  • Syarat dan ketentuannya.
  1. Keamanan

Cek juga bagaimana keamanan dari tempat tersebut, terutama ketika Anda meminjam di fintech. Dengan keamanan yang memadai, Anda tidak hanya akan merasa tenang namun juga nyaman. Terutama berkaitan dengan pengajuan pinjaman jaminan BPKB yang menjadikan faktor aman sebagai prioritas.

  1. Siapkan Persyaratannya

Jika Anda sudah yakin, siapkan syarat dan ketentuannya. Masing-masing kreditur memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda yang perlu dipahami dan dipersiapkan dengan baik. Karena hal tersebut, persyaratan seperti dokumen yang dibutuhkan juga berbeda.

Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi yaitu :

  • Berusia minimal 18 tahun. 
  • Memiliki penghasilan atau pekerjaan tetap. 
  • Menyertakan identitas diri. 

Jika persyaratan seperti dokumen yang berupa identitas diri dan BPKB mobil sebagai jaminan sudah siap, Anda bisa mengajukan pembiayaan tersebut. Setelah itu tetap akan ada verifikasi terkait dengan data diri yang Anda lampirkan. 

Karena hal tersebut, hindari memberikan informasi palsu karena akan membuat pengajuan ditolak serta merugikan pihak yang berkaitan.

  1. Pahami Kesepakatan

Jika pengajuan pembiayaan BPKB mobil diterima, Anda akan diberi privacy policy. Dalam kebijakan tersebut, Anda harus membaca dengan teliti karena disini biasanya dicantumkan tentang kebijakan tertentu. Misalnya sanksi atau denda jika Anda terlambat membayar angsuran, risiko jika kredit macet atau yang lainnya.

Tanyakan kepada pihak kreditur mengenai kebijakan yang Anda kurang tahu. Hal ini akan menghindarkan Anda dari masalah tertentu di masa depan. Contohnya yang berkaitan dengan pelunasan lebih cepat yang dilakukan.

Jika Anda setuju, pastikan untuk bisa membayar angsuran tepat pada waktunya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terbebani dan tidak mengajukan pinjaman di tempat lain untuk menutupi angsuran yang perlu dibayarkan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan gadai BPKB mobil yang aman. Ingin pinjam tanpa jaminan dan butuh cepat, ke Dananow saja. Karena di Dananow, selain aman dan terpercaya, prosesnya tidak ribet  dan cepat!