5 Solusi Keuangan Bagi Anda Yang Terlilit Hutang

Solusi Keuangan

Solusi keuangan tentu diperlukan bagi Anda yang sedang terkena masalah hutang. Alasan seseorang memiliki hutang tentu bermacam-macam baik untuk kebutuhan pribadi atau untuk keperluan modal usaha. Namun ada beberapa kondisi di mana seseorang bingung harus mencari uang dari mana untuk melunasi hutang.

Hutang diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu hutang konsumtif dan produktif. Hutang konsumtif memiliki nilai yang lebih kecil dan umumnya ditujukan untuk kebutuhan hidup. Sementara Hutang produktif biasanya dimanfaatkan untuk menciptakan penghasilan tambahan. Berikut ini beberapa solusi masalah keuangan yang berhubungan dengan hutang. 

  1. Melunasi Hutang Mulai Dari Bunga Terbesar

Anda sebaiknya membuat semua daftar hutang yang dimiliki. Tulis berdasarkan hutang dari yang paling rendah bunganya hingga yang paling tinggi serta hutang tanpa bunga. Sebagai solusi dalam memperbaiki arus keuangan sebaiknya Anda harus mengutamakan hutang yang memiliki bunga tinggi terlebih dahulu untuk dilunasi. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah keuangan pribadi atau hutang menumpuk yang tentunya mempengaruhi perekonomian Anda setiap bulannya. Setelah itu Anda bisa melunasi hutang yang bunganya ringan atau tanpa bunga dengan jumlah minimal. Dengan cara ini Anda bisa menghindarkan diri dari kejaran debt collector

  1. Coba Cari Tambahan Penghasilan

Jika memiliki skill yang cukup banyak, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi seorang freelancer. Atau bisa juga memulai usaha online dan offline. Jadi, ketika penghasilan bulanan hanya cukup melunasi masalah keuangan saat ini, Anda bisa menggunakan penghasilan tambahan sebagai solusi keuangan. 

Mencari penghasilan tambahan juga sangat baik diterapkan setelah hutang lunas. Karena hal ini tentu bisa menjadi pundi-pundi tambahan untuk ditabung. 

  1. Lakukan Konsultasi Keuangan

Mungkin anda cukup bingung terhadap kendala keuangan yang sedang melilit. Ketika pemahaman Anda soal hutang rendah, sebaiknya mencari jalan keluar yaitu dengan melakukan konsultasi keuangan. Beberapa orang berpikir bahwa konsultasi ini akan mahal tapi Anda bisa memilih solusi untuk melakukan konsultasi secara gratis. 

Anda bisa mulai membeli buku perencana keuangan. Di buku tersebut banyak membahas tentang masalah dan solusi keuangan keluarga. Atau bisa juga dengan mencari informasi soal perencana keuangan di internet.

Namun ketika Anda memilih untuk melakukan konsultasi secara privat mengenai perencana keuangan tentu membutuhkan biaya. Jangan khawatir karena biaya konsultasi ini juga cukup terjangkau dengan waktu yang lebih efisien dan sangat membantu. 

  1. Menjual Aset Yang Ada

Jika Anda masih memiliki aset tentu bisa menjual beberapa barang yang dimiliki untuk membayar hutang. Hal ini memang terdengar tidak nyaman, tapi Anda bisa bebas dari hutang dengan menerapkan salah satu solusi keuangan ini. 

Seseorang yang memiliki gaya hidup konsumtif biasanya rela membeli barang apapun dengan cara berhutang. Tentu dari beberapa barang tersebut ada yang memiliki nilai tinggi untuk dijual kembali.

  1. Mengajukan Pinjaman Tunai

Anda juga bisa memilih opsi lain yaitu dengan melakukan pinjaman tunai. Salah satu pinjaman tunai yang direkomendasikan adalah Dananow. Mengajukan pinjaman di Dananow pun cukup mudah, hanya membutuhkan persyaratan berupa gadai BPKB motor atau mobil.

Dananow bisa dibilang sebagai salah satu solusi terbaik karena proses pencairan uang pada produk tersebut dinilai cepat, efisien dan aman. Sementara bunga yang ditetapkan juga cukup rendah. Sehingga Anda yang sedang membutuhkan uang mendesak bisa memilih produk keuangan ini tanpa rasa khawatir.

Demikian 5 solusi keuangan yang bisa anda lakukan ketika sedang dihadapkan pada hutang yang cukup banyak. 3 hal utama ketika menghadapi masalah keuangan adalah niat, usaha dan disiplin. Dengan demikian Anda memiliki peluang lebih besar untuk bisa keluar dari masalah tersebut.