Tips Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita berhadapan dengan kebutuhan yang mendesak. Kondisi tersebut mengharuskan kita untuk menyediakan uang secepat mungkin. Namun, kini kita telah dimudahkan dengan hadirnya pinjaman jaminan BPKB motor. Jenis pinjaman ini, mudah diajukan dan cepat cair.

Jika Anda sedang membutuhkan dana cepat, pastikan membaca artikel ini hingga selesai. Karena, di sini akan dijelaskan tips gadai BPKB motor online maupun offline. Berikut rangkumannya:

1. Cari dan Pilih Perusahaan Terpercaya

Syarat utama sebelum mengajukan pinjaman, yaitu dengan memilih pemberi pinjaman yang aman dan terpercaya. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak pemberi pinjaman yang kredibel. Survey terlebih dahulu dan ketahui informasi terkait lembaga pinjaman secara detail.

Jangan lupa juga untuk memilih lembaga pemberi pinjaman yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, silahkan cek juga apakah sudah terdaftar di APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) atau belum?

2. Sesuaikan Pinjaman dengan Kemampuan

Umumnya, pinjaman dengan agunan akan menawarkan nilai plafon yang tinggi. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengambil nilai plafon maksimal. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan.

Lakukan juga simulasi gadai BPKB motor sebelum mengajukannya. Sederhananya, simulasi adalah penghitungan untuk mengetahui berbagai biaya yang dibayarkan. Dengan simulasi, Anda bisa mengetahui berapa cicilan per bulan, hingga total biaya yang harus dikeluarkan. Tujuannya untuk mengetahui kesiapan finansial.

3. Pilih Bunga Paling Kecil

Carilah lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan suku bunga kompetitif. Survey terlebih dahulu hingga Anda menemukan nilai bunga yang cocok. Pastikan bunga yang dipilih kecil agar tidak memberatkan Anda.

Kini, Anda tidak perlu mendatangi kantornya satu per satu. Cukup dengan browsing saja, Anda sudah bisa mendapatkan informasinya secara mudah. Hal tersebut karena, saat ini hampir semua perusahaan atau lembaga pembiayaan memiliki website official atau situs resmi.

4. Ketahui dan Persiapkan Persyaratan

Secara umum, persyaratan mengajukan gadai BPKB motor di bank, atau perusahaan pembiayaan adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas diri/KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • STNK kendaraan
  • BPKB asli

Setelah mengetahuinya, silahkan persiapkan semua persyaratan di atas. Persyaratan sangat penting untuk diperhatikan. Karena, jika persyaratannya kurang, pengajuan akan ditolak dan Anda akan diminta untuk melengkapinya.

5. Gunakan Dana Pinjaman Secara Bijak

Pinjaman dengan agunan umumnya cepat diproses dan cepat dalam pencairan. Setelah mendapatkannya, pastikan Anda menggunakannya secara bijak. Meski plafon dengan agunan motor tidak sebesar mobil, namun berhati-hatilah saat menggunakannya.

Gunakanlah dana hanya untuk hal yang krusial saja. Atau, lebih bagusnya lagi Anda gunakan untuk kebutuhan modal usaha.

6. Bayar Angsuran Tepat Waktu

Agar terhindar dari kredit macet, bayarlah cicilan tepat waktu. Perlu Anda ketahui, jika sampai telat pembayaran, aset (motor) Anda bisa saja disita oleh pihak peminjam. Selain itu, dengan membayar tepat waktu, Anda akan terhindar dari denda atau penalti.

Pastikan juga Anda mengetahui deadline pembayaran agar tidak sampai terlewat. Lalu, bayarlah cicilan sesuai perjanjian.

Rekomendasi Pemberi Pinjaman Jaminan BPKB yang Aman dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari tempat gadai BPKB motor bunga ringan terpercaya, Dananow akan menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Selain persyaratan yang mudah, Anda akan mendapatkan suku bunga kompetitif.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan nilai plafon yang relatif tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan dana pinjaman untuk berbagai kebutuhan yang mendesak.

Pinjaman jaminan BPKB motor adalah produk finansial yang sangat populer saat ini. Karena, produk ini cocok sekali untuk yang sedang membutuhkan pinjaman cepat cair. Semoga informasi dan tips di atas membantu Anda yang sedang membutuhkan dana cepat.