Pahami Simulasi Gadai BPKB Motor Sebelum Ajukan Pinjaman

Simulasi Gadai BPKB Motor

Menjaminkan surat berharga seperti BPKB kendaraan merupakan jalan tercepat untuk mendapatkan dana tunai. Saat ini sudah ada banyak program pendanaan dengan simulasi gadai BPKB motor yang menguntungkan.

Program pendanaan Dananow merupakan salah satu yang memberikan berbagai keuntungan untuk nasabah. Mulai dari proses pinjaman gadai BPKB motor cepat, sampai dengan bunga yang rendah.

Simulasi pinjaman menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan. Sebelum mengajukan kredit, sebaiknya Anda mencari tahu program pendanaan dengan simulasi terbaik. Baik itu untuk cicilan maupun angsuran setiap bulan, hingga simulasi bunga pinjaman dan pokok nantinya.

Berikut ini merupakan beberapa skema atau simulasi pinjaman gadai BPKB motor Tenor 18 bulan yang bisa jadi pertimbangan.

  1. Pokok pinjaman: Rp. 1,000,000
  1. Suku bunga per tahun: mulai dari 11,5 persen. Suku bunga akan disesuaikan dengan kondisi aset kendaraan serta kelengkapan dokumen pemohon
  2. Cicilan setiap bulan: mulai Rp. 150,000

Untuk simulai kredit di atas, yang harus diketahui adalah:

  1. Minimum pinjaman senilai: Rp. 1,000,000
  2. Tenor: 6 sampai 18 bulan
  3. Proses pengajuan: 1 hari kerja

Adanya simulasi kredit akan memberi gambaran mengenai kelebihan sampai kekurangan pinjaman. 

Di dalam simulasi akan ada informasi tentang cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sampai dengan berapa besaran suku bunga setiap bulan hingga tahun. Selain juga tenor untuk pinjaman.

Bila sudah yakin akan mengajukan kredit berdasarkan informasi simulasi. Di bawah ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi.

  1. Usia. Pemohon minimal berusia 21 tahun, atau sudah menikah
  2. Status kewarganegaraan. Pemohon harus berstatus WNI atau Warga Negara Indonesia
  3. Domisili. Pemohon harus berdomisili di Indonesia. 
  4. Penghasilan. Berpenghasilan merupakan syarat berikutnya.
    Syarat lanjutan untuk penghasilan pemohon akan disesuaikan dengan simulasi gadai BPKB motor.
  5. Kendaraan milik sendiri. Motor yang akan dijaminkan merupakan hak milik sendiri. Salah satunya dibuktikan dengan BPKB asli.
  6. Atas nama pemilik. BPKB motor bisa atas nama sendiri maupun pasangan, bila sudah menikah.
  7. Usia kendaraan. Kendaraan berusia maksimal 10 tahun. Terutama untuk merk Suzuki, Kawasaki, Yamaha, dan Honda.
  8. Plat kendaraan. Kendaraan motor harus berplat hitam.

Persyaratan di atas memiliki pengaruh besar agar kredit gadai BPKB motor bunga rendah disetujui. Terutama untuk pendapatan pemohon.

Pendapatan pemohon nantinya akan menentukan juga simulasi pinjaman. Selain besarnya dana pinjaman yang disetujui, juga tenornya. Kedua hal ini akan disesuaikan dengan pendapatan dari pemohon.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, kelengkapan dokumen merupakan langkah berikutnya.

Seperti juga syarat yang harus dipenuhi. Dokumen memiliki peranan penting apakah kredit akan disetujui. Cara terbaik agar pinjaman program pendanaan disetujui adalah dengan kelengkapan dokumen dan pemenuhan syarat.

Dokumen yang harus dilengkapi antara lain:

  1. Data diri. Bisa berupa KTP atau SIM dari pemohon. Bila sudah menikah, menyertakan data diri pasangan.
  2. Kartu keluarga atau akta nikah bila status sudah menikah.
  3. Tagihan PBB selama 2 tahun terakhir. Bisa juga melengkapi dengan tagihan rekening listrik 6 bulan terakhir.
  4. STNK.
  5. BPKB.

Fotokopi dari dokumen tersebut akan dibutuhkan untuk kelengkapan pengajuan. Pastikan sudah benar-benar melengkapi dokumen agar proses pinjaman berjalan lancar.

Pinjaman gadai BPKB motor cepat memang menjadi jawaban untuk kebutuhan dana tunai mendesak. Dananow saat ini menjadi program dengan berbagai produk pendanaan yang menguntungkan nasabah.

Itulah simulasi gadai BPKB motor  yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman. Jika Anda membutuhkan dana tunai dalam waktu singkat, Anda bisa mencoba produk Dananow dari Mandiri Utama Finance yang memberikan kemudahan dan keuntungan.