Ingin Gadai BPKB Motor Langsung Cair? Begini Caranya

gadai bpkb motor langsung cair

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda dua yang ingin gadai BPKB motor langsung cair, lantaran terdesak oleh kebutuhan. Saat ini, motor memang kendaraan paling mudah dan cepat dijadikan jaminan guna mendapatkan dana dari pemberi pinjaman.

Gadai BPKB Motor Langsung Cair

Meskipun dengan jaminan, pihak bank atau multifinance tetap menerapkan prosedur ketat untuk menghindari kredit macet. Berikut cara mendapatkan kredit dengan jaminan BPKB motor langsung cair.

Pastikan Nomor Telepon Benar

Anda harus memastikan nomor telepon yang dicantumkan pada saat mengisi data adalah benar atau valid (bisa dihubungi). Bila perlu, lakukan pengecekan ulang sebelum formulir pendaftaran diserahkan.

Pastikan juga nomor telepon bisa dihubungi ketika tim lapangan menghubungi Anda untuk proses lebih lanjut. Untuk nomor alternatif, bisa juga dicantumkan nomor pasangan Anda (suami atau istri).  

Pastikan Alamat Lengkap

Pastikan Anda tidak hanya mencantumkan alamat sesuai KTP namun juga alamat domisili. Jika Anda memiliki alamat berbeda dari tempat tinggal sebelumnya, bisa menggunakan surat keterangan domisili (SKD).

SKD sangat penting sebagai bukti bahwa Anda sebagai pendatang sudah melapor secara resmi kepada ketua RT/RW setempat. Sekaligus, SKD merupakan pengakuan secara legal bahwa Anda menjadi warga di wilayah itu.

Pastikan Informasi Yang Diberikan Valid

Anda tidak bisa mendapatkan gadai BPKB motor yang bisa langsung cair jika salah dalam memberikan informasi. Penulisan nama, misalnya, tidak boleh sembarang menggunakan nama gaul atau nama panggilan.

Penulisan nama harus sesuai yang tercantum di KTP. Hal itu untuk mempermudah tim lapangan saat mencari alamat Anda guna verifikasi data, survei lokasi, atau keperluan lainnya.

Pengajuan Dana Gadai BPKB Motor Tidak Boleh Melebihi OTR

Pastikan bahwa besaran dana yang diajukan tidak melebihi harga on the road (OTR) motor yang dijadikan jaminan. Harga OTR adalah harga bekas kendaraan saat ini, bukan harga pada saat motor dibeli.

Sebagai contoh, harga OTR motor bekas yang BPKB-nya dijadikan agunan memiliki nilai 17 juta Rupiah. Maka, Anda hanya bisa mengajukan pinjaman senilai sama atau kurang dari nilai OTR. Bank atau multifinance menjadikan harga OTR sebagai dasar untuk persetujuan kredit Anda.

Pastikan Diketahui Oleh Pasangan

Pastikan pasangan Anda (suami/istri) mengetahui tentang rencana pengajuan gadai BPKB motor express. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda bersama pasangan harus saling terbuka dan saling mendukung.

Sebab, pinjaman dana ini untuk kepentingan bersama atau keluarga. Bukan untuk kepentingan pribadi suami/istri. Apalagi, sampai digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif (pemborosan).

Pastikan Berkas Gadai BPKB Motor Sudah Lengkap

Kelengkapan berkas menjadi salah satu syarat utama pengajuan permohonan gadai BPKB motor. Jika berkas yang Anda ajukan tidak lengkap, hal itu bisa mempengaruhi kelancaran tim lapangan melakukan survei atau kegiatan lainnya.

Namun, jika ada berkas yang belum bisa dipenuhi, biasanya pihak leasing akan memberikan keringanan dengan memberi Anda waktu untuk melengkapinya.

Usahakan Hanya Mengajukan di Satu Tempat

Bisa jadi karena Anda khawatir tidak disetujui, Anda kemudian mengajukan pinjaman di beberapa leasing pada saat yang bersamaan. Sebaiknya Anda fokus gadai BPKB motor pada satu debitur terlebih dahulu sampai benar-benar prosesnya diketahui (disetujui atau ditolak).

Pastikan Kondisi Motor Sesuai Syarat dan Ketentuan

Selain kelengkapan surat-surat kendaraan, pihak pemberi pinjaman juga akan memeriksa fisik kendaraan. Misalnya, apakah motor Anda masih orisinil atau sudah mengalami modifikasi.

Anda tidak bisa menyerahkan motor yang sudah dimodifikasi total hingga bentuknya berubah 100% dari aslinya. Itu artinya, motor yang dijadikan jaminan tidak memenuhi syarat dan ketentuan, alias ditolak pastinya.

Umumnya kreditur masih bisa mentolerir dengan kondisi motor yang beberapa bagian sudah diubah. Namun, hal itu akan mengurangi harga OTR, yang berdampak pula pada pengurangan pencairan dana.

Demikian beberapa cara agar gadai BPKB motor langsung cair.

Anda bisa menggunakan cara diatas untuk mengakses gadai dengan jaminan BPKB motor di Dananow. Persyaratannya mudah dan bisa langsung cair.