Wujudkan Semua Mimpi

Ketahui Cara dan Syarat Pinjaman Dana Tunai Karyawan Kontrak

Pinjaman Dana Tunai Karyawan Kontrak

Pinjaman dana terkadang menjadi solusi terbaik bagi banyak orang saat bertemu situasi yang membutuhkan dana cukup besar dalam waktu singkat. Kondisi serupa juga sering dialami para karyawan kontrak. Gaji yang sering kali kurang mencukupi menjadikan pinjaman dana tunai karyawan kontrak sebagai jalan keluar terbaik. 

Mungkin Anda berpikir bahwa karyawan kontrak akan sulit mengajukan pinjaman dana karena statusnya yang bukan karyawan tetap. 

Anda salah jika beranggapan demikian. Buktinya ada banyak penyedia pinjaman khususnya kredit dengan Agunan atau Kredit Multiguna (KMG) bagi karyawan kontrak. Berikut persyaratan dan cara pengajuan pinjaman KMG bagi karyawan kontrak.

Persyaratan Pengajuan KMG Karyawan Kontrak

Persyaratan pengajuan KMG baik melalui bank atau pun lembaga keuangan lainnya umumnya hampir sama. Adapun yang berbeda biasanya terkait usia pemohon dan penghasilan minimal, selebihnya sama. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam.

  1. Pemohon pinjaman adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia calon peminjam minimal 21 tahun dan usia maksimal saat pinjaman lunas yaitu 55 tahun. Terdapat pula yang mematok usia maksimal peminjam hingga 65 tahun.
  3. Memiliki aset yang dapat dijadikan agunan yang dilengkapi dengan dokumen kepemilikan aset. Jenis aset yang dapat dijadikan agunan diantaranya, BPKB kendaraan, sertifikat tanah/rumah/bangunan, sertifikat deposito dan lain sebagainya.
  4. Persyaratan khusus bagi karyawan kontrak, di mana dapat mengajukan pinjaman apabila sudah bekerja minimal selama 8 bulan. Karyawan kontrak harus melampirkan dokumen kontrak kerjanya dengan perusahaan terkait.
  5. Memiliki minimal pendapatan yang sesuai dengan aset yang dijadikan jaminan atau agunan.
  6. Dokumen administrasi yang perlu dilengkapi diantaranya :
  • Formulir pengajuan pinjaman KMG yang telah terisi lengkap
  • Identitas diri seperti KTP
  • NPWP atau SPT
  • Dokumen kontrak kerja
  • Slip gaji, dapat pula Surat Keterangan Penghasilan
  • Buku tabungan 
  • Jika menggunakan kartu kredit maka harus menyertakan fotocopy kartu kredit dan lembar tagihan pada bulan terakhir.
  • Dokumen kepemilikan aset

Cara Pengajuan Pinjaman KMG Karyawan Kontrak

Saat Anda sudah memutuskan jasa layanan atau produk pinjaman dana yang dituju, Anda tinggal memenuhi segala persyaratan yang ada. Setelah syarat terpenuhi dan semua dokumen Anda siap.

Selanjutnya, untuk mendapatkan pinjaman dana tunai karyawan kontrak Anda bisa langsung menghubungi pihak yang akan memberi pinjaman. Bisa dengan mendatangi langsung kantornya atau bisa juga melalui pengajuan secara online. 

Setelah pengajuan pinjaman selesai dilakukan, pihak pemberi pinjaman akan melakukan verifikasi serta survey terkait kebenaran data yang ada pada dokumen. Jadi penting untuk memastikan data yang Anda berikan benar dan sesuai fakta.

Pihak pemberi pinjaman biasanya akan melakukan survey dengan menghubungi keluarga atau pun kantor Anda. Jadi, jangan lupa untuk menyampaikan pengajuan pinjaman Anda pada keluarga terdekat. Selain itu juga pihak kantor, agar mereka tidak kaget saat dikunjungi atau dimintai informasi.

Saat proses verifikasi selesai dan semuanya lancar, Anda hanya perlu menunggu kabar baik dari pihak peminjam terkait persetujuan pengajuan Anda. Umumnya anda akan dihubungi saat hari kerja 3 hingga 7 hari terhitung setelah proses verifikasi selesai.

Perlu menjadi catatan bahwa pinjaman dana jenis kredit dengan agunan umumnya memberikan nominal pinjaman yang disesuaikan dengan jenis asetnya. Masa tenor atau periode pinjaman lebih panjang dibandingkan  dengan kredit tanpa agunan. 

Pinjaman dana tunai karyawan kontrak pantas menjadi solusi keuangan terbaik. Jenis kredit dengan agunan atau kredit multiguna ini membantu menyediakan dana untuk kebutuhan mendesak dengan jaminan aset yang dimiliki. Salah satu pemberi pinjaman dana tunai yang terpercaya dan bisa Anda andalkan yaitu mufdana, yang merupakan produk pembiayaan Mandiri Utama Finance.