Wujudkan Semua Mimpi

Langkah Tepat Ajukan Kredit Jaminan BPKB

Kredit Jaminan BPKB

Kredit jaminan BPKB tentunya lebih mudah apabila Anda memiliki kendaraan dengan surat yang lengkap. Baik itu untuk motor maupun mobil, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya saja, tentu jumlah uang yang didapatkan akan berbeda.

Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk bisa kredit dengan jaminan BPKB tersebut?

Persiapan Mengajukan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pengajuan dari awal hingga akhir bisa berjalan dengan lancar.

Memiliki Surat-surat Kendaraan yang Lengkap

Sebelum Anda berniat mau mengajukan kredit, tentunya surat-surat dari kendaraan harus lengkap. Tidak hanya BPKB tetapi, bukti kepemilikan yang lain juga sebaiknya sudah ditangan.

Dengan surat-surat yang lengkap kredit jaminan BPKB mobil atau motor akan lebih cepat. Anda tidak perlu bolak-balik untuk menyiapkan surat-suratnya lagi dan bisa langsung diproses.

Siapkan Dokumen Persyaratan 

Tempat gadai BPKB motor terdekat atau mobil sekalipun, pasti meminta dokumen persyaratan dilengkapi. Sistem gadai atau kredit memiliki sistem yang sebenarnya sama saja. 

Dokumen persyaratan yang biasanya dibutuhkan adalah KTP, KK, Slip Gaji, dan juga foto diri. KTP disini bukan hanya sebagai identitas saja tetapi, biasanya untuk membuktikan bahwa usia Anda sudah cukup. Umumnya yang bisa mengajukan kredit hanya usia 21-65 tahun saja.

Sedangkan dokumen kendaraan seperti STNK dan BPKB tentunya termasuk dalam persyaratan utama untuk mengajukan kredit jaminan BPKB.

Persyaratan ini umumnya wajib harus ada, jadi dimanapun Anda akan mengambil kredit, semuanya sama. Akan tetapi, sebenarnya syarat-syarat dokumen tersebut termasuk mudah bukan?

Memilih Tempat Kredit

Memilih tempat kredit yang bisa Anda percaya merupakan hal yang penting. Apabila belum pernah meminjam, Anda bisa mempercayakan pengajuan kredit Anda pada mufdana. Di mufdana ada banyak produk kredit yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya seperti ingin kredit jaminan BPKB motor atau mobil. Proses kredit di mufdana juga tidak ribet dan tergolong sangat mudah. Anda akan mendapatkan kredit yang Anda butuhkan dalam waktu yang relatif cepat.

Proses Pengajuan Kredit Jaminan BPKB

Setelah melengkapi semua yang dibutuhkan, berikut ini adalah proses yang akan dilalui sebagai langkah selanjutnya.

Mengajukan Pinjaman

Langkah selanjutnya setelah tahu tempatnya adalah mengajukan pinjaman. Saat mengajukan pinjaman kredit jaminan BPKB, baik secara online maupun mendatangi lokasi kantor, serahkan semua syarat yang dibutuhkan. Mulai dari dokumen berupa BPKB mobil atau motor yang dijaminkan, hingga dokumen yang berisi identitas Anda.

Kelengkapan dokumen sangat diperlukan pada saat mengajukan pinjaman. Hal ini yang pertama dilihat oleh pihak kreditur. 

Menunggu Petugas Menaksir Jaminan Anda

Proses taksir tentunya menimbang nilai kendaraan yang BPKB-nya akan dijaminkan. Taksiran ini biasanya mempertimbangkan jenis, usia dan kondisi dari kendaraan. 

Anda tidak bisa ikut campur dalam proses taksiran, kreditur yang berwenang sepenuhnya dalam hal ini.

Menentukan Plafon

Nasabah akan diberitahu plafon maksimal dan kemudian biasanya menentukan berapa plafonnya. Tentu saja nominal kredit jaminan BPKB yang Anda ajukan tidak boleh lebih dari batas maksimal, karena sudah ada hasil taksiran.

Dalam tahap ini Anda juga bisa sekaligus menentukan berapa cicilan yang akan dibayarkan. Untuk menghitungnya Anda juga bisa menggunakan fitur simulasi gadai BPKB atau simulasi kredit.

Persetujuan dan Pencairan Dana

Setelah melalui semua langkah di atas, maka Anda akan memasuki tahap terakhir yang melibatkan persetujuan dan pencairan dana.

Menunggu Petugas Membuat Surat Bukti Kredit

Apabila semuanya beres dan disetujui, maka petugas akan membuat surat bukti dari kredit jaminan BPKB yang Anda ajukan. Dalam surat ini tertulis berapa jumlah kredit, kapan jatuh tempo dan lain sebagainya.

Menandatangani Bukti Kredit

Apabila Surat Bukti Kredit sudah jadi, maka Anda tinggal menandatanganinya saja. Kemudian setelah ditandatangani, maka proses berakhir dan selesailah sudah tahapan kredit Anda. Setelah ini, uang bisa diterima dan kemudian Anda tinggal pulang saja. 

Cara atau langkah kredit menggunakan jaminan di atas bisa berbeda dengan di tempat lain. Umumnya, setiap tempat memiliki kebijakannya masing-masing. Untuk lembaga kreditur online dan offline caranya juga pasti berbeda, tetapi secara garis besar tetap saja.

Semoga cara bagaimana mengajukan kredit jaminan BPKB di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Ingat, sebelum kredit siapkan dahulu semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Dengan begini, proses kredit bisa berjalan dengan lebih cepat dan efisien.