Wujudkan Semua Mimpi

Apa Saja Syarat Gadai Mobil Kredit yang Perlu Diketahui?

Syarat Gadai Mobil Kredit

Syarat gadai mobil kredit sebenarnya tidak sulit dan untuk memenuhinya bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja sebagian orang sering berpikiran bahwa karena masih mobil kredit, jadi prosesnya akan dipersulit. Hal itu tidak benar sama sekali, mobil kredit juga boleh digadaikan dengan prosedur dan syarat yang sebenarnya mudah.

Syarat Gadai Mobil Kredit

Apabila Anda belum tahu apa syarat-syarat gadai mobil kredit, jangan khawatir. Ada banyak yang terima gadai mobil dengan syarat yang mudah seperti di bawah ini :

Surat-Surat Resmi dan Lengkap

Gadai mobil perorangan atau bukan, surat-surat mobil yang dijaminkan haruslah lengkap dan resmi. Hal ini untuk membuktikan bahwa mobil benar-benar milik Anda secara sah. Selain itu, dengan surat yang resmi juga menunjukkan bahwa mobil diperoleh dengan cara yang benar dan bukan hasil pasar gelap.

Syarat pertama ini merupakan yang terpenting, sehingga sebaiknya benar-benar dipenuhi. Apabila itu benar mobil Anda, pasti syarat satu ini sangat mudah bukan?

Syarat Gadai Mobil Kredit Termasuk Pajak Mobil Dalam Kondisi Hidup

Kebanyakan akan meminta kondisi pajak mobil dalam keadaan hidup dan bukan mati. Hal ini juga sebenarnya akan memudahkan Anda kedepannya, dan bukan bagi tempat gadai saja. 

Dengan pajak mobil yang masih hidup, Anda akan terhindar dari denda. Kemudian, Anda juga tidak perlu mengurus BPKB atau hal lain supaya bisa mengurus pajak ketika baru menggadaikan.

Waktu Kredit Sudah Hampir Selesai

Untuk bisa menggadaikan mobil kredit, waktu pelunasan seharusnya sudah tidak terlalu panjang. Sebagai syarat gadai mobil kredit, Hal ini nantinya digunakan untuk menimbang berapa dana yang bisa dipinjam dan bagaimana pelunasannya. Biasanya untuk menghitung hal ini, pihak tempat gadai memiliki simulasi gadai mobil untuk menghitung.

Tahun Mobil dan Keadaan Mobil

Tahun mobil dan keadaan mobil akan sangat diperhatikan oleh pihak tempat gadai sebagai syarat gadai mobil kredit. Semakin baru mobil maka akan semakin baik, begitu pula dengan keadaan mobil. Biasanya pihak gadai menerima mobil maksimal dengan tahun keluaran 11 tahun yang lalu atau lebih muda, selebihnya tidak bisa.

Mengenai kondisi sebelum mobil digadaikan sebaiknya cek dahulu performa serta kelengkapan aksesorisnya. Apakah ada bagian yang rusak atau tidak dan apa yang kurang pada mobil. Jangan karena mobil mau digadaikan kemudian tidak pernah dipakai dan dibiarkan saja sampai sulit dikendarai.

Riwayat Kredit Sebagai Syarat Gadai Mobil

Untuk masalah ini ada tempat gadai yang melakukan pengecekan sejarah kredit dan ada yang tidak. Biasanya jika iya, maka akan dicek bagaimana riwayat kredit Anda selama ini. Apakah ada kredit macet atau tidak, lalu pernah macet berapa lama dan bisa melunasinya tau tidak.

Umumnya, tempat gadai akan memberikan informasi mengenai hal ini di awal. Mengenai mereka akan melakukan cek riwayat kredit atau tidak dan seperti apa pengecekannya.

Setuju dengan Jumlah Pencairan

Setuju dengan jumlah pencairan yang diberikan sangatlah penting. Ini karena setiap tempat pasti sudah memiliki perhitungannya masing-masing. Jadi, Anda tidak bisa menentukan besarnya sendiri.

Untuk nominal pinjaman yang lebih kecil dari taksiran bisa, akan tetapi untuk yang lebih besar tidak bisa. Jumlah pinjaman maksimal harus sesuai dengan jumlah yang sudah ditaksir pihak tempat gadai.

Apabila saat ini Anda tertarik untuk menggadaikan mobil Anda yang masih dalam keadaan kredit, jangan bingung. Selama memenuhi hal-hal di atas, pengajuan gadai Anda pasti dikabulkan.

Namun, Anda akan mendapatkan pencairan dana pinjaman lebih tinggi dan mudah jika mobil yang Anda kredit telah lunas. Dan salah satu tempat yang menawarkannya adalah mufdana dari Mandiri Utama Finance.

Mufdana menawarkan pinjaman jaminan BPKB mobil dengan berbagai keunggulan yang tidak hanya mudah dan cepat, tapi juga aman dan terpercaya.

Demikian mengenai syarat gadai mobil kredit yang biasanya perlu Anda penuhi. Syaratnya sebenarnya tidak sulit bukan? Selama itu mobil Anda sendiri dan dirawat dengan baik, sepertinya proses akan lancar dan uang cair.