Wujudkan Semua Mimpi

Indikator Dan Syarat Gadai BPKB Motor Resmi

Gadai BPKB Motor

Zaman sekarang, banyak pebisnis yang meminjam dana dari lembaga keuangan seperti bank untuk menyokong bisnis mereka. Jenis pinjamannya pun dapat disesuaikan dengan besarnya dana dan waktu pencairan yang dibutuhkan. Untuk jumlah pinjaman yang tidak terlalu besar tetapi pencairannya cepat, Anda bisa melakukan gadai BPKB motor dengan cepat dan mudah.

Sistem Gadai BPKB Motor di Indonesia

Di Indonesia, gadai adalah salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk meminjam dana dalam jumlah yang telah ditentukan. Gadai dilakukan dengan cara menyerahkan jaminan kepada pihak tertentu untuk bisa meminjam sejumlah dana. Sistem gadai di Indonesia memiliki payung hukum diantaranya pasal 1150 KUH Perdata, UU No. 7 tahun 1992, dan UU No. 9 tahun 1969.

Contohnya, gadai BPKB motor menjadi “jalan ninja” ketika Anda sedang butuh uang dalam jumlah cukup besar namun tidak ingin ribet. Berbagai kemudahan akan Anda dapatkan jika bekerjasama dengan lembaga gadai resmi seperti cicilan ringan, proses yang cepat, serta tenor panjang. Namun Anda sebaiknya mengerti indikator lembaga gadai BPKB yang berkualitas dan bukan abal-abal.

Indikator Lembaga Gadai Resmi

Jika diperhatikan lagi, ada banyak sekali indikator gadai BPKB resmi dan berkualitas. Dan Anda harus mengetahui hal ini agar nantinya tidak terjadi masalah dalam proses meminjam dana dari lembaga gadai terkait. Apa saja indikator tersebut? Berikut ini diantaranya :

1. Suku Bunga yang Ditetapkan Cukup Rendah

Indikator pertama yang harus Anda ketahui perihal lembaga gadai BPKB motor berkualitas adalah suku bunga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi. Karena tujuan dari gadai adalah untuk membantu pembiayaan masyarakat, sehingga rate bunga yang ditetapkan harusnya cukup rendah. Anda harus waspada dan patut curiga jika sebuah lembaga gadai menerapkan biaya bunga cukup tinggi. 

2. Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Indikator kedua, adalah adanya logo OJK pada berbagai pamflet maupun website dan sosial media dari lembaga tersebut. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertugas untuk mengawasi lembaga pembiayaan termasuk yang menangani masalah gadai BPKB motor atau mobil. Jika tidak ada logo OJK, maka kemungkinan lembaga tersebut harus diwaspadai, karena bisa jadi dalam praktiknya nanti malah merugikan nasabah.

3. Memiliki skema angsuran yang jelas

Produk pembiayaan dengan metode gadai yang mudah seperti mufdana biasanya memiliki skema angsuran yang jelas tercantum pada dokumen kesepakatan. Skema angsuran gadai membahas berapa cicilan per bulan yang harus dibayar. Informasi ini dapat berupa berapa suku bunga per tahun yang ditetapkan, dan berbagai hal lainnya. Tak hanya itu, waktu tenor pinjaman, jumlah minimum pinjaman, dan domisili pinjaman juga akan diberitahukan kepada nasabah untuk selanjutnya diproses.

Syarat Gadai BPKB Motor Di Indonesia

Gadai BPKB motor tanpa survey memang banyak disukai, namun biasanya lembaga gadai akan mengajukan berbagai persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Namun persentase gadai tanpa survey dari gadai dengan survey cukup kecil, karena pemantauan dilakukan untuk meminimalisir resiko. Berikut ini syarat gadai BPKB motor yang perlu Anda tahu :

  1. Identitas diri : Berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga). Sebagai syarat diri, Anda harus berusia 21 hingga 65 tahun, memiliki penghasilan tetap yang mencukupi, dan merupakan warga negara Indonesia.
  2. Identitas kendaraan bermotor : Berupa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli. Sebagai syarat khusus, kendaraan harus milik pribadi yang berusia maksimal 10 tahun, serta memiliki plat hitam.

Dengan meminjam dana melalui produk pembiayaan seperti mufdana, Anda akan bisa mendapatkan jumlah uang yang dibutuhkan dalam waktu cepat. Anda pun bisa membayar cicilan bunga dengan jumlah yang cukup rendah dibandingkan produk pembiayaan dari lembaga lainnya.