Wujudkan Semua Mimpi

Cara Gadai BPKB Motor Cepat dan Mudah

Cara Gadai BPKB Motor

Kebutuhan akan dana mendesak kerap kali datang secara tiba-tiba. Sementara Mendapatkan pinjaman dana dari orang lain terkadang sulit untuk diharapkan. Agar kebutuhan akan dana darurat terpenuhi dengan cepat, BPKB motor bisa dijadikan sebagai solusi. Namun, sebelum mengajukan sebaiknya Anda mengetahui cara gadai BPKB motor.

Saat Anda membutuhkan dana cepat, mufdana menyediakan fasilitas pinjaman dana yang praktis dan aman dengan jaminan BPKB motor. Proses untuk mendapatkan pinjaman tergolong cukup mudah.

Para nasabah dapat memperoleh dana pinjaman dengan cepat. Bahkan bisa hanya dalam 1 hari kerja apabila dokumen atau persyaratan sudah lengkap. Selain itu, tenor dan bunganya juga terjangkau untuk semua nasabah. Berikut ini merupakan cara gadai BPKB motor yang cepat dan mudah untuk kebutuhan darurat Anda.

Cara Gadai BPKB Motor

Sebagai langkah awal, silahkan Anda mempersiapkan semua persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Dokumen-dokumen persyaratan menjadi sarana utama untuk melangkah ke langkah selanjutnya. Berikut ini merupakan beberapa syarat utama yang harus dipersiapkan :

  • Fotokopi KTP / Paspor.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) / Akta Pernikahan.
  • Bukti Status Tempat Tinggal : Fotokopi PBB / Fotokopi rekening listrik / Fotokopi surat penempatan Rumah Dinas / Fotokopi bukti pembayaran pembelian rumah / kontrak atau surat keterangan Domisili (salah satu).
  • Foto Unit Kendaraan.
  • Fotokopi STNK dan Pajak Kendaraan.
  • Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
  • Gesekan nomor mesin (nosin) dan nomor rangka (noka).
  • Karyawan : Asli/fotokopi dari Slip gaji 3 bulan terakhir.
  • Wiraswasta : SIUP atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dari RT/RW/Kelurahan dan Rekening Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi NPWP.

Beberapa syarat tersebut menjadi langkah paling awal dari cara gadai BPKB motor cepat. Setelah persyaratan terpenuhi, persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan langkah selanjutnya.

Pengajuan Kredit Pembiayaan

Sebelum mengajukan kredit pembiayaan, Anda bisa memperkirakan nilai pencairan sekaligus angsurannya dengan mengunjungi laman Simulasi Gadai BPKB.

Setelah mendapatkan hasil perhitungan, tentukan apakah Anda berminat atau tidak. Jika ya, maka berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus Anda setujui agar pengajuan pinjaman Anda dapat segera diproses :

  • Mengisi Form Aplikasi Kredit dan Menandatangani Persetujuan Perjanjian Kontrak (PK).
  • Memenuhi kelengkapan Dokumen Data Diri Nasabah dan Unit Kendaraan.
  • Mengikuti Harga Kendaraan (Market Price) yang berlaku di MUF.
  • Memberikan BPKB asli ke MUF sebagai jaminan Pembiayaan mufdana.

Proses taksir harga barang

Setelah semuanya terpenuhi, maka pihak mufdana akan melakukan taksir harga barang berdasarkan BPKB yang Anda miliki. Harga taksir akan menjadi nilai pinjaman yang dapat Anda ambil saat itu.

Harga taksir akan dipertimbangkan dari tahun motor dikeluarkan. Sebagai salah satu cara gadai BPKB motor dalam sehari, harga taksir juga dinilai berdasarkan kondisi fisik motor. Motor yang masih berada dalam kondisi prima akan mendapat harga taksir lebih tinggi.

Penentuan tenor dan pencairan

Apabila harga taksir sudah didapatkan, Anda akan diberikan pilihan tenor dan jumlah cicilan per bulan yang harus ditanggung. Anda bisa memilih besaran pinjaman dan cicilan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan dana darurat, sangat disarankan untuk memilih jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu. Selain itu, besaran cicilan yang dipilih sebaiknya masih dalam cakupan kemampuan penghasilan bulanan Anda.

Dari jumlah harga taksir yang ditawarkan, Anda tidak harus mengambil dana secara keseluruhan. Jumlah dana yang diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cara gadai BPKB motor mudah tidak mengharuskan fisik motor untuk ditinggalkan di tempat gadai.

Barang yang akan digunakan sebagai jaminan cukup BPKB motornya saja. Apabila Anda telah menyetujui jumlah dan tenor yang akan diambil, kemudian proses pencairan dan penandatanganan perjanjian dapat dilakukan.

Dalam proses penandatanganan perjanjian, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Pertama adalah jumlah uang yang Anda terima. Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan jumlah cicilan bulanan dan tanggal batas pembayaran setiap bulannya supaya tidak terjadi keterlambatan pembayaran.

Tidak perlu panik saat Anda membutuhkan dana darurat. Dengan menggunakan BPKB motor Anda, mufdana akan membantu untuk memenuhi kebutuhan darurat Anda dengan nyaman dan cepat. Perhatikan langkah dan cara gadai BPKB motor untuk mendapatkan dana dengan cepat.