Wujudkan Semua Mimpi

Tips Agar Pinjaman Gadai BPKB Mobil Disetujui

Pinjaman Gadai BPKB Mobil

Pinjaman gadai BPKB mobil menjadi salah satu cara tercepat untuk mendapat dana tunai dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, pinjaman jenis ini juga menawarkan periode pelunasan yang relatif lama. Sehingga peminjam bisa mendapatkan cicilan yang lebih ringan.

Meski demikian, calon peminjam sebaiknya mengetahui beberapa hal terkait produk pinjaman tersebut sebelum mengajukannya.

Tips Mempersiapkan Pengajuan

Proses pengajuan pinjaman gadai BPKB mobil tergolong cepat karena persyaratan cukup mudah. Untuk memastikan pengajuan dapat berjalan dengan lancar, terdapat beberapa tips penting yang wajib diperhatikan.

Berikut ini merupakan tips untuk mempersiapkan pengajuan pinjaman gadai BPKB mobil.

1. Ketahui Persyaratannya

Persyaratan merupakan satu hal paling penting dan utama saat mengajukan pinjaman. Jika syarat-syarat tidak terpenuhi, maka kemungkinan pinjaman untuk disetujui akan sangat kecil.

Dibawah ini beberapa syarat umum untuk mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil :

  • Usia. Pemohon kredit minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah. Selain itu, usia pemohon maksimal antara 55 dan 60 tahun (bergantung pada kebijakan masing-masing lembaga keuangan) pada saat pelunasan kredit.
  • Pendapatan. Pemohon harus memiliki pendapatan atau penghasilan tetap setiap bulannya.

Selain dua persyaratan utama di atas, terdapat juga persyaratan pendukung berikutnya.

2. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Kelengkapan dokumen menjadi faktor penting berikutnya yang menentukan apakah pengajuan kredit diterima atau ditolak.

Mengingat pinjaman dalam bentuk gadai aset BPKB mobil memiliki nilai pencairan yang cukup besar, maka dokumen yang dibutuhkan juga lebih lengkap.

Berikut ini adalah sejumlah dokumen yang harus dilengkapi dalam mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil :

  • Data diri berupa KTP/KITAS. Bila sudah menikah, sekaligus dengan milik pasangan,
  • KK atau kartu keluarga
  • Akta nikah bila sudah menikah, atau akta cerai / kematian untuk pemohon dengan status duda/janda,
  • NPWP,
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir,
  • Bukti penghasilan, seperti slip gaji untuk karyawan dan profesional. Sedangkan untuk wirausaha, melampirkan fotokopi bon, catatan penjualan atau salinan piutang,
  • Surat izin profesi untuk profesional,
  • Akta pendirian atau SIUP/TDP bagi pemohon wirausaha,
  • Tagihan rekening listrik 6 bulan terakhir atau PBB selama 2 tahun terakhir,
  • STNK dan SIM,
  • BPKB.

Demi kelancaran proses pengajuan, semua dokumen yang disebutkan di atas sebaiknya dipersiapkan dan dilengkapi terlebih dahulu. Namun, perlu diketahui bahwa persyaratan yang dibutuhkan dapat berbeda antara lembaga keuangan yang satu dengan yang lainnnya.

Tips Mengajukan Pinjaman Gadai BPKB Mobil

Mengikuti tips di atas akan sangat membantu proses pengajuan pinjaman agar disetujui. Namun, ada juga beberapa hal lain yang sebaiknya Anda ketahui sebagai bekal informasi tambahan dalam mengajukan pinjaman.

Berikut merupakan informasi penting yang dalam mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil :

  1. Survey

    Survey merupakan sebuah proses pengecekan yang dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman atas data yang diberikan oleh calon peminjam. Proses ini dianggap penting untuk memastikan bahwa data yang diberikan sudah sesuai.

    Dalam hal pengajuan pinjaman gadai BPKB mobil, contoh bentuk survey yang dilakukan adalah kesesuaian kepemilikan, unit dan taksir harga mobil. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil yang BPKB-nya digadaikan sudah sesuai, sekaligus untuk mendapatkan nilai pencairan dana.

    Survey ini biasanya bisa dilakukan di rumah atau tempat usaha. Sering kali survey dibutuhkan untuk pinjaman dengan nilai yang besar.

  2. Manfaatkan Simulasi Gadai BPKB

    Simulasi gadai BPKB bukan hanya penting untuk mengetahui estimasi nilai pencairan dana, tetapi juga angsuran yang harus dibayar setiap bulannya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan perkiraan jumlah pinjaman sekaligus mengukur kemampuan untuk melunasinya kembali.

    Besarnya angsuran per bulan tentunya masih dapat disesuaikan dengan tenor atau jangka waktu pinjaman. Semakin panjang tenornya, semakin ringan pula angsurannya.

Itulah beberapa tips agar pengajuan pinjaman gadai BPKB mobil Anda berjalan dengan lancar dan disetujui.

Salah satu lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman jaminan BPKB mobil adalah Mandiri Utama Finance melalui produk pembiayaan mufdana. Sebagai anak perusahaan dari PT Bank Mandiri, Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman dana tunai yang aman dan terpercaya.